oleh

BMKG: 10 Titik Panas Aceh Jadi Ancaman, Waspadai Kebakaran Lahan dan Hutan

-Alam-73 views

Laporan Harisa Bilhaqqi Qalbi *)

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Memasuki awal Januari 2019, suhu Aceh memanas, kewaspadaan atas adanya kebakaran hutan Aceh menjadi penting.

BMKG Aceh berkedudukan di Aceh Besar melalui rilisnya kepada ACEHSATU.com menyampaikan 10 titik panas berpotensi kebakaran hutan Aceh, Minggu (6/1/2019).

Terpantau melalui data satelit NOAA tertanggal 5 Januari 2019, terdeteksi 10 titik panas (Hotspot) di Provinsi Aceh yang patut diwaspadai.

Dari peta sebaran titik panas yang di keluarkan BMKG, terdapat 16 titik panas di wilayah Sumatera, 10 titik panas diantaranya terdapat di Provinsi Aceh yang tersebar di 8 Kabupaten di Aceh.

Adapun kecamatan yang teramati ada titik panas yaitu Kualabatee (Aceh Barat Daya), Lembah Seulawah (Aceh Besar), Setialuebakti (Aceh Jaya), Sampainiet (Aceh Jaya), Tamiang Hulu (Aceh Tamiang), Pegasing 2 Hotspot (Aceh Tengah), Lhokskon (Aceh Utara), dan Beutong (Pidie).Tingkat kepercayaan lebih besar dari 71% ada di 3 lokasi yaitu Tamiang Hulu, Pegasing dan Beutong.

Patut diwaspadai juga akan terjadinya kebakaran lahan/hutan. Sebagaimana data update hari tanpa hujan (HTH) yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Aceh Besar tanggal 31 Desember 2018.

Sebagian wilayah di Provinsi Aceh telah mengalami hari tanpa hujan kategori panjang yaitu 21-30 hari. Beberapa wilayah lainnya masuk dalam kategori menengah hingga sangat pendek.

Bukan tidak mungkin keadaan tersebut akan memicu titik panas lainnya ataupun menyebabkan kebakaran lahan /hutan. (*)

*(Penulis merupakan staf data dan informasi pada BMKG Stasiun Klimatologi Aceh Besar)

Komentar

Indeks Berita