BKSDA Aceh Gunakan Petasan Giring Gajah Liar Kembali Ke Hutan

“Tim kita sudah dilapangan melakukan penggiringan gajah sumatera agar kembali ke habitatnya,”Kepala BKSDA Aceh, Agus Ariant
gajah
Ilustrasi : Gajah masuk kampung

ACEHSATU.COM [ ACEH TIMUR  – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggiring gajah liar yang masuk ke perkampungan dan merusak lading warga di Gampong Alue Geunteng Kecamatan  Ranto Peureulak dan Gampong Sri Mulya Kecamatan Peunarun. Rabu 3 Agustus 2022.

Penggiringan gajah liar dengan cara menakuti gajah liar tersebut menggunkan suara petasan agar gajah liar tersebut kembali masuk hutan.

Penggiringan gajah liar ini melibatkan personel dari Seksi Wilayah I Lhokseumawe, Ranger Forum Konservasi Leuser (FKL), Resor Langsa BKSDA Aceh, TNI/Polri, dan masyarakat .

Penggiringan gajah liar kembali ke habitatnya untuk mencegah kerusakan lahan perkebunan warga agar tidak meluas.

Baca : Gajah Liar Ngamuk Di Ranto Peureulak, Ubrak Abrik Kebun Warga   

“Tim kita sudah dilapangan melakukan penggiringan gajah sumatera agar kembali ke habitatnya,” ujar Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto  kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Lanjut Kepala BKSDA ini, gajah liar  tersebut dihalau tidak menggunkan gajah jinak namun dilakukan secara manual dengan membunyikan petasan, sehingga gajah liar yang masih berada di perkebunan penduduk masuk kembali ke habitatnya hutan.

Tim dikirim melakukan penggiringan gajah sumatera di Gampong Alue Geunteng dan Gampong Sri Mulya.

kawanan gajah liar
Kawanan Gajah Liar mengamuk merusak ladang dan gubuk warga di Ranto Pereulak, Aceh Timur, Selasa 2 Agustus 2022. Acehsatu.com/Ist

Sebelumnya diberitakan, belasan kawanan gajah liar mengamuk di  Gampong Alue Geunteng, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, menyebabkan kebun sawit, karet dan pisang milik warga di obrak abrik. Selasa  2 Agustus 2022.

Baca : Gajah Liar Kembali Obrak Abrik Kebun Warga Desa Alue Teungeh Aceh Jaya

Sehari sebelumnya kawanan gajah liar ini juga masuk ke Gampong Sri Mulya kecamatan yang sama juga mengamuk, sejumlah tanaman kakao, pisang, pinang, karet dan sawit juga di rusak.

Kondisi ini sangat meresahkan warga karena ladang mereka rusak.

“Sasaran kawanan gajah liar ini adalah tanaman sawit muda yang sudah memiliki buah pasir. Bahkan, gubuk di kebun warga juga ikut di obrak-abrik,” ujar Keuchik Alue Geunteng Jauhari kepada wartawan Rabu, 3 Agustus 2022.  

Kawanan gajah liar ini terdiri dari dua kelompok, satu kelompok masuk ke Gampong Sri Mulya sedangkan satu kelompok lainnya masuk ke Gampong Alue Geunteng

Baca : Kawanan Gajah Liar Kembali Obrak-abrik Rumah dan Kebun Warga Aceh Timur

Menurut Jauhari,  gajah Sumatera yang keluar dari habitatnya masuk ke lahan perkebunan warga di Dusun Gunong Putoh,di Gampong Alue Geunteng,  jumlahnya berkisar lima hingga delapan individu gajah per kelompok (*)