Bireuen Tanam 1.400 Hektare Jagung, Target Panen 7 Ton Per Hektare

Dinas Pertanian Bireuen sudah menanam 1.400 hektare jagung yang dibiayai APBK dan APBA 22020.
Jagung di Bireuen
Ilustrasi jagung. Net

Jagung di Bireuen

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Jagung di Bireuen bakal jadi swasemda pangan di masa pandemi ini.

Dinas Pertanian Bireuen sudah menanam 1.400 hektare jagung yang dibiayai APBK dan APBA 22020.

Program tersebut untuk meningkatkan ekonomi petani di Bireuen dampak Covid-19.

Paska ditanam perdana Bupati Bireuen, baru-baru ini telah selesai ditanam petani, diharap hasil panen dapat mencapai 7 ton/hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM dikonfirmasi lebih lanjut Acehsatu.Com, kemarin, terkait realisasi tanam jagung dari dua program tersebut.

“Jagung kedua program itu sudah siap ditanam petani, kita harap dapat dirawat dengan baik supaya hasil produksi bisa mencapai 7 ton/hektare, saat ini waktu tanam sangat tepat musim hujan,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa cepatnya realisasi tanam karena areal kebun masyarakat penerima bantuan, ada yang sudah bersih paska panen jagung baru-baru ini, dan juga waktu tanam sangat tepat saat ini musim hujan.

“Kita mengharapkan dengan capaian hasil panen itu dapat tercapai, bisa membantu meningkatkan perekonomian petani,” jelas Kadistanbun.

Sebagaimana diketahui, jagung bantuan itu adalah program pengembangan jagung hibrida kegiatan keuangan bersifat khusus untuk penanggulangan dampak Covid-19 dibiayai APBK Bireuen, luasan lahannya mencapai 400 hektare.

Jagung di Bireuen
Ilustrasi jagung. Net

Dengan sasaran petani delapan gampong dan 10 kelompok dalam lima kecamatan yaitu Jeumpa190 hektare, Peusangan 75 hektare, Peudada 45 hektare, Peusangan Selatan 10 hektare dan diberikan bantuan benih, pupuk dan lainnya.

Ditanam perdana seluas 80 hektare untuk kelompok tani Beule Lam Saba, Gampong Simpang Mulia, sekaligus juga ditanam perdana kegiatan pengembangan jagung untuk ketahanan pangan masa Pandemi Covid-19 Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang) tahun 2020 bagi kelompok tani Aneuk Gle, Pante Peusangan Kecamatan Juli.

Program dibiayai APBA ini luas raealnya 1.000 hektare untuk dua kecamatan yaitu Kecamatan Jeumpa luasnya 940 hektare dan 60 hektare untuk Gampong Pante Peusangan Km 35 Kecamatan Juli, jelas Kadistanbun waktu itu.

Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi selesai tanam perdana berharap, agar

bantuan jagung ini benar-benar dikelola dengan baik oleh penyuluh pertanian dan petani, hasil panen diperoleh diharapkan dapat menambah ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Saya harapkan bantuan pemerintah ini benar-benar dilaksanakan dan membawa mamfaat serta pendapat bagi masyarakat, semoga bapak dan ibu semua sehat-sehat selalu sehat, dan kuat untuk dapat terus mengembangkan usaha guna memenuhi kebutuhan hidup keluarga,” pesan Bupati Muzakkar A Gani. (*)