oleh

Bertuliskan ‘MMG’ dan ‘LJ’, Cerita Perahu Misterius dan Kemunculan Tersangka ‘Bola’ Sabu Rp 480 M

-Nasional-380 views

ACEHSATU.COM – Sebuah perahu fiber jenis congkreng tanpa awak ditemukan terombang-ambing di perairan teluk Palabuhanratu, Cempakaratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/5).

Saat itu warga berinisiatif membawa perahu itu ke pinggir karena khawatir akan semakin menjauh terbawa ombak.

WS, warga setempat yang meminta namanya diinisialkan, ikut menyelamatkan perahu tersebut. “Warga inisiatif menarik kapal itu ke darat. Kapal itu ditinggalkan, terombang-ambing selama dua hari, lalu oleh warga dibawa ke pinggir. Saat itu kita tidak mengetahui siapa pemilik perahu,” ucap WS, seperti dilansir detikcom, Jumat (5/6/2020).

Saat itu, WS sempat kedatangan seseorang yang mengaku suruhan pemilik perahu. Atas permintaan warga yang membantu menjaga dan membawa perahu itu ke daratan, WS meminta uang rokok kepada orang itu.

“Anak-anak kan pengen buat rokok, enggak niat mau memeras. Ya nilai perahu kan bukan harga sedikit. Dia ngasih 200 ribu rupiah, saat itu ada bercanda lah minta tambahan. Lalu sempat cekcok, katanya saya dianggap memeras,” tutur WS.

Usai cekcok, tidak lama orang tersebut pergi. WS menduga orang tersebut menghubungi NH, pria yang belakangan ditangkap polisi karena terlibat sindikat ‘bola’ sabu seberat 402 kilogram atau senilai Rp 480 miliar. WS dan NH saling mengenal karena mereka bertetangga di Desa Cikakak, hanya beda RT.

“Saya enggak hapal, pemilik perahu itu kenal dengan NH. Tahu-tahu NH mendatangi saya, karena merasa temannya (pemilik perahu) diperas. Saat itu saya jelaskan kondisinya. Bahkan saya bilang juga uang yang Rp 200 ribu akan saya kembalikan, tapi dia menolak. Seperti ketakutan,” ujar WS.

WS enggan mengaitkan keberadaan perahu itu dengan kasus ‘bola’ sabu yang melibatkan tersangka NH.

“Perahu sampai saat ini masih ada di tempat semula. Beberapa orang juga sempat akan mengambil, namun tidak jadi. Karena saya mintai identitas dan izin foto. Bagaimana pun saya juga tanggung jawab, takut bukan pemiliknya kan,” tutur WS.

Kasatpolair Polres Sukabumi AKP Tri Andri Affandi menjelaskan perahu itu masih di tempatnya semula. Siapa pemilik perahu itupun masih misterius.

“Masih dalam pencarian siapa pemiliknya, (posisi perahu) masih di lokasi. Masih dalam penyelidikan,” kata Tri.

Sebelumnya diberitakan, perahu fiber jenis congkreng tanpa awak ditemukan terombang-ambing di perairan teluk Palabuhanratu, tepatnya di Pantai Kadaka, Cempakaratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Meskipun kosong, di dalam perahu itu ditemukan sejumlah benda diduga milik nelayan seperti alat pancing, motor tempel, genset, sendal tiga pasang, minuman kaleng, makanan dan rokok.

Perahu itu bertuliskan ‘MMG’ di bagian buritan dan ‘LJ’ di bagian lambung depan.

“Dari arah pantai memang sudah kelihatan tidak ada orangnya. Karena terbawa ombak dan agak ke pinggir, akhirnya ditarik oleh warga setempat,” kata Satgas Pemandu Keselamatan Wisata Tirta Dadan Hamdani, beberapa waktu lalu. (*)

Komentar

Indeks Berita