Berbagai Musibah Menimpa Aceh, Plt Gubernur: “Mungkin Kita Terlalu Banyak Kesalahan” 

ACEHSATU.COM, BANDA ACEH – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, sepanjang tahun ini berbagai musibah menimpa Provinsi Aceh.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap bersabar menghadapi ujian dan cobaan ini.

“Kita harus bersabar, sepanjang tahun ini banyak musibah yang terjadi di Aceh,” kata Nova.

Dilihat dari Website Pemerintah Aceh, Ia merinci berbagai musibah seperti covid-19, angin puting beliung, banjir bandang di Aceh Tengah dan banjir juga terjadi hampir di seluruh Aceh.

“Ini adalah takdir yang tidak bisa kita hindari.” kata Nova Iriansyah disela kegiatan mengantar bantuan masa panik kepada masyarakat Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar korban bencana angin puting beliung Jum’at (15/5/2020)

Nova menambahkan, sebagai penganut Islam, Ia meyakini ada dimensi lain selain faktor alam dan penyakit yang menjadikan musibah banyak terjadi di Aceh.

“Mungkin kita terlalu banyak kesalahan, kita tidak menghormati orang tua dan guru,” kata dia.

Karena itu, ia mengajak serta seluruh masyarakat untuk memperbaiki diri, meningkatkan ibadah serta memperbanyak amalan dan doa sehingga dijauhkan dari ragam musibah.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, mengantarkan bantuan, selain dari pemerintah. Bantuan juga bersumber dari dunia usaha atau CSR beberapa perusahaan di Aceh.

“Sebagai rasa persaudaraan kita, saya sampaikan tali silaturahmi dengan bantuan ini. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu kita di tengah musibah ini,” kata Nova Iriansyah di Gampong Lamteng Pulau Nasi, Jumat (15/5/2020.)

“Atas nama pribadi dan pemerintah saya menyampaikan duka atas musibah ini. Kalau ada kurang sampaikan ke kami,” ujar Nova.

Di antara bantuan yang diberikan adalah bahan baku bangunan seperti seng dan semen untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat puting beliung.

Selain itu, bahan sandang dan pangan juga diberikan, sehingga masyarakat terdampak bisa memanfaatkannya di bulan Ramadan dan jelang Lebaran Idul Fitri.

Plt Gubernur Aceh berharap sedikit bantuan yang diberikan tersebut bisa dimanfaatkan untuk merenovasi dan merehabilitasi rumah warga yang rusak. Ia berpesan masyarakat yang terkena musibah untuk bersabar. (*)