Benteng Anyer Menuju Kampung Sentra Pertanian Cabe Jamu, Setiap Rumah Warga Tanami Lima Pohon

ACEHSATU.COM, ACEH TAMIANG – Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang akan menjadi salah satu kampung sentra pertanian Cabe Jamu.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya kegiatan penanaman perdana cabe Jamu oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang  H.T. Insyafuddin ST didampingi kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa, ( 7/1).

Datok Penghulu Kampung Benteng Anyer Edy Syahputra dalam sambutannya mengatakan, program ini sudah direncanakan pihaknya sejak Juni 2019 lalu.

“Alhamdulillah, hari ini dapat terlaksana,” kata Edy Syahputra.

Ia juga menyebutkan, program kegiatan penanaman cabe jamu ini menggunakan anggaran BUMK.

Untuk tahap awal penanaman cabe jamu akan dilakukan diatas lahan seluas lebih kurang 1 (satu) rante.

Cabe jamu (Cabe Jawa) ini bukan merupakan barang baru lagi, di luar Provinsi Aceh seperti Pulau Jawa, Lampung dan beberapa daerah lainnya telah membudidayakan cabe jamu, bahkan di setiap rumah warga juga menanami tanaman ini sebagai penambah penghasilan ekonomi rumah tangga.

Pemasarannya,  juga telah berkembang hingga tembus ke sejumlah manca negara seperti India, Malaysia, Arab, Korea dan negara asia lainnya.

Sementara itu, Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi, S.STP, mengatakan program penanaman ini lebih kepada pemberdayaan, dan di setiap rumah warga kampung Benteng Anyer di berikan lima pohon Cabe Jamu.

Budidaya tanaman cabe Jamu ini akan terus berlanjut, pihaknya juga merencanakan disetiap kampung dalam wilayah kecamatan Manyak Payed akan menanami tanaman ini.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin ST dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya program ini, sesuai dengan program pemerintah Aceh Tamiang dalam membudidayakan tanaman buah-buahan, ujarnya.

Insyafuddin, meminta agar semua Datok khususnya dalam wilayah Pemkab Aceh Tamiang untuk dapat memaksimalkan anggaran dana desa terhadap pemberdayaan, hal tersebut juga bertujuan guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, harapnya. (*)