oleh

Begini Langkah Pemerintah Melindungi Anak-anak Hebat Agar Tak Diambil Negara Lain

-Nasional-32 views

ACEHSATU.COM – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyampaikan, saat ini pemerintah sedang menyusun rancangan manajemen talenta nasional. Rancangan itu diharapkan akan mendata dan melindungi anak-anak hebat Indonesia agar tidak diambil negara lain.

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko/Foto file: Amir Baihaqi

“Jadi sekarang pemerintah sedang menyusun grand desaign talent management strategic atau manajemen talenta nasional. Ini sudah mendekati akhir ya. Kita harapkan dari yang kita susun nanti pemerintah memiliki database data-data tentang anak-anak Indonesia yang hebat secara pasti,” kata Moeldoko di Kampus C, Universitas Airlangga, Surabaya, Sabtu (10/8/2019).

“Kita kenali nanti, bisa dari budaya, olahraga, bisa dari science bisa dari teknologi dan semuanya,” tambah mantan Panglima TNI itu.

Dengan mendata anak-anak hebat yang ada, lanjut Moeldoko, negara kemudian akan mengkapitalisasinya sehingga juga diharapkan mampu menjadi faktor pengungkit perekonomian. Sebab, selama ini anak-anak tersebut banyak diambil negara lain.

“Kalau anak-anak hebat nanti bisa kita kumpulkan dalam arti kita database-kan dan ini nanti dikapitalisasi oleh negara ini nanti akan menjadi faktor pengungkit ekonomi,” terang Moeldoko.

“Selama ini kita banyak mengenali banyak anak-anak yang hebat ini diambil intelectual property-nya oleh negara luar. Maka ke depan kita harapkan tidak akan terjadi hal seperti itu,” lanjutnya.

Moeldoko berharap, pendataan bisa segera dilakukan secepatnya pada 2020. Sebab, saat ini rancangan sudah hampir selesai.

“Saya berharap 2020 sudah bisa dioperasionalkan ya. Karena ini sudah hampir finish,” ujar Moeldoko.

Lalu bagaimana proses seleksi dan apa indikasi anak hebat? Moeldoko belum bisa menjabarkan. Karena masih dalam susunan dan menentukan apa saja kriteria anak hebat itu.

“Nah, itu belum bisa kita katakan sekarang. Nanti akan ada periodisasinya dan akan ketahuan dan akan kita berlakukan,” lanjutnya.

“Dari desain yang kita susun itu. Kita akan tentukan kriterianya. Indikator-indikatornya. Semua akan ditentukan di situ. Nanti pada anak-anak yang terpilih itu benar-benar memiliki spesifikasi yang dimilikinya,” pungkas Moeldoko.(*)

Komentar

Indeks Berita