Begini Cara Bappeda Tamiang Cari Masukan Rancangan Kegiatan Tahun 2021.

ACEHSATU.COM I ACEH TAMIANG  – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tamiang dalam mencari masukan penyusunan rancangan kegiatan pembangunan daerah tahun 2021 dengan menggelar forum konsultasi publik di aula SKB setempat, Rabu (5/2/2020).

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Aceh Tamiang, Mursil  diikuti sebanyak 150 orang peserta konsultasi terdiri dari unsur DPRK, Muspida, PKK, Dekranas, unsur lembaga keistimewaan Aceh, perwakilan Mukim, Datok Penghulu, tokoh masyarakat adat dan perempuan, unsur perguruan tinggi, organisasi masyarakat, swsta dan wartawan.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil dalam sambutannya pada kegaiatan tersebut mengatakan, konsultansi publik ini bertujuan mencari masukan, apa yang sudah dikerjakan dan apa yang belum diselesaikan sehingga kita harapkan forum ini dapat memberikan saran dalam forum ini untuk pembangunan di kabupaten Tamiang ini.

“Banyak sekali yang datang minta dibuat ini dan itu namuan datangnya ditengah tahun sehingga tidak dapat di akomodir dalam APBK karena APBK sudah selesai dibahas, usulan tahun ini dilakukan untuk tahuan depan seperti itulah perencanaan,” ujarnya.

Untuk itu Bappeda agar mensosialisasikann kepada warga terutama stake holder yang ada, bagaimana merancang pembangunan daan cara menguslkannya, ada Muresbang kecamatan dan kabupaten. “Dimuresbang inilah program diusulkan,” ujarnya.

Pada kesemptan tersebut Bupati mengintruksikan d SKPK agar membangun infrastruktur untuk lokasi pariwisata.

“Dandim sudah bangun jalan menuju lokasi air terjun Sangka Pane di Bandar Pusaka, tinggal kita aspal jalan tersebut, bagitu juga jalan menuju Pulau Ruku di pesisir Kecamatan Banda Mulia,” tambah Bupati lagi.

Sebelumnya Kepala Bappeda,Rianto Waris dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan konsultasi ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan rancangan RKPD yang dibahas dengan perangkat daerah dan public berupa penyampaian program prioritas pembangunan dan tema pembangunan tahun 2021.

Rancangan awal ini tentu nantinya sebagai rancangan awal rencana kerja daerah untuk tahuan 2021 Tema “Menguatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penguatan Pelayanan Dasar dan Penguatan Ekonomi Pembangunan Berkelanjutan,” demikian  kata Kepala Bappeda. (*)