Aceh Singkil

Bantu Pukesmas, Anggota Koramil 08 Singkohor Distribusikan Pil Filariasis Kepada Masyarakat

Kegiatan minum obat ini disebut pemberian obat pencegahan massal (POPM) Filariasis. Belkaga merupakan langkah akselerasi untuk mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah tahun 2020.

ACEHSATU.COM |  ACEH SINGKIL – Anggota Koramil 08 Singkohor Aceh Singkil menyalurkan pil filariasis kepada masyarakat Desa Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (13/11/2017).

Babinsa Koramil 08 Singkohor,Aceh Singkil,Serka Wahyu Senjaya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk tugas pokok aparat kewilayahan dalam melakukan komunikasi sosial di desa binaan dalam menyukseskan program pemerintah.

 “kita turut berpartisipasi membantu Puskesmas Singkohor membagikan pil filariasis kepada warga,apa lagi ini sebuah tugas pokok sosial di desa binaan dan kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di 6 Desa di Kecamatan Singkohor ini,”kata Serka Wahyu kepada ACEHSATU.COM.

Ia menambahkan, Pembagian pil filariasis merupakan program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan  untuk mewujudkan Indonesia bebas kaki gajah tahun 2020, oleh sebab itu semua orang yang berusia antara 2 –70 tahun yang tinggal di daerah endemis, wajib minum obat pencegah penyakit kaki gajah,sekali setahun, selama minimal lima tahun berturut-turut.katanya.

Untuk diketahui, Pemberian obat pencegahan massal filariasis atau kaki gajah dapat berfungsi ganda bagi tubuh. Selain mematikan cacing penyebab filariasis, obat ini juga mematikan cacing lain yang ada di perut.

Kegiatan minum obat ini disebut pemberian obat pencegahan massal (POPM) Filariasis. Belkaga merupakan langkah akselerasi untuk mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah tahun 2020.

Tahun ini, sebanyak 150 Kabupaten/Kota secara serentak akan melaksanakan POPM.

Obat pencegah penyakit kaki gajah yang diberikan pada POPM terdiri dari kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC) 100 mg dan tablet Albendazole 400 mg.

Semua orang yang berusia antara 2 –70 tahun yang tinggal di daerah endemis, wajib minum obat pencegah penyakit kaki gajah tersebut sekali setahun, selama minimal lima tahun berturut-turut.

Adapun dosisnya untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; dan bagi yang berusia di atas 14 tahun mendapat 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top