Bantu Penuhi Persediaan Darah UTD RS Fauziah Bireuen, Masyarakat Meunasah Blang Donor Darah

Kegiatan donor darah ini berlangsung di halaman meunasah yang dilayani menggunakan satu unit mobil bus khusus layanan Unit Transfusi Darah (UTD) miliki rumah sakit plat merah tersebut.
Keuchik Bireuen Meunasah Blang, Hasmuni Ilyas mendonorkan darahnya, Senin (28/09/2020) pagi. (Foto/Istimewa)

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Pemerintah Gampong Meunsah Blang, Kecamatan Kota Juang yang berkerjasama dengan TP-PKK dan pemuda Gampong setempat menggelar kegiatan donor darah pada Senin (28/09/2020) pagi.

Sebanyak 34 kantong darah yang didapatkan dari hasil donor darah itu disumbangkan untuk Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen.

Kegiatan donor darah ini berlangsung di halaman meunasah yang dilayani menggunakan satu unit mobil bus khusus layanan Unit Transfusi Darah (UTD) miliki rumah sakit plat merah tersebut.

Keuchik Desa Bireuen Meunasah Blang, Hasmuni Ilyas saat dikonfirmasi ACEHSATU.COM di kantornya, disela-sela berlangsung kegiatan donor darah menjelaskan, donor darah ini merupakan agenda rutin setiap tiga bulan sekali dan untuk ketiga kali dilaksanakan.

Pendonor warga Bireuen Meunasah Blang dan juga ada warga desa tetangga yang ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Donor darah tujuannya, untuk membantu memenuhi persediaan darah di UTD dan membangkitkan rasa kepedulian sosial masyarakat menolong sesama,” jelasnya.

Ketua TP-PKK Bireuen Meunasah Blang, Erlida Yanti turut mendonorkan darahnya, Senin (28/09/2020) pagi. (Foto/Istimewa).

Dalam pelaksanaan donor darah ini tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti bagi warga mendonor darah memakai masker, dan menjaga jarak dan diharapkan berbagai golongan darah yang disumbangkan ini dapat membantu memenuhi ketersediaan darah bagi pasien membutuhkan, jelas Keuchik Hasmuni Ilyas.

Sementara itu, Kepala UTD RSUD dr Fauziah Bireuen, Wardati SKM MKM disela melayani warga donor darah kepada ACEHSATU.COM mengatakan, kondisi persediaan darah golongan A di UTD sejak beberapa waktu terakhir sangat minim, untuk darah O, B dan AB masih memadai.

“Dalam kegiatan donor darah ini di ada sejumlah warga yang mendonorkan darah golongan darahnya A, ini dapat mengatasi kebutuhan darah A di UTD,” jelasnya. (*)