Bantu Dayah, Pikabas Gelar Aksi Sosial di Tujuh Daerah

Persatuan Istri Karyawan Bank Aceh Syariah (Pikabas), melakukan kegiatan sosial di tujuh kabupaten dan kota Provinsi Aceh.
Pikabas
Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Dukung kegiatan HUT Bank Aceh ke-48, Persatuan Istri Karyawan Bank Aceh Syariah (Pikabas), melakukan kegiatan sosial di tujuh kabupaten dan kota Provinsi Aceh.

Kegiatan yang berlangsung pada Juli 2021 lalu, dilakukan dalam rangka meningkatkan  sarana dan prasarana dayah dan yayasan pesantren yang ada di wilayah timur Aceh.

Ketua Pikabas, Cut Nurul Hayati, Rabu (22/09/2021) mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan dukungan materil bagi kebutuhan sejumlah dayah dan yayasan yang turut membina anak yatim piatu, fakir miskin, dan masyarakat, dan juga sebagai wujud rasa kepedulian terhadap sesama.

 “Melalui kegiatan ini juga kami harapkan dapat meningkatkan silaturahmi dan memupuk rasa persaudaraan di antara Pikabas dan masyarakat,” ujar Cut.

Dijelaskan, kegiatan sosial diberikan dalam bentuk bantuan materil sebesar masing-masing Rp 20 juta kepada sejumlah lembaga pendidikan islam.

Bantuan bdalam bentuk sembako, material bahan bangunan, dan sarana pendukung diserahkan kepada Dayah Darul Quran Al Islam, di Desa Tambo Baro, berlokasi Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Dayah Darul Amna, berlokasi di Desa Usie Kecamatan Mutiara Timur, Pidie.

Kemudian Dayah Raudhatul Mubarakah Al-Munawarah, Desa Krueng Julie Barat, Kecamatan Kuala, Birueun, Yayasan Pesantren Hidayatullah (Tahfidzul Quran Yatim dan Dhuafa), Blang Karieng, Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

Dayah Al Huda berlokasi, Gampong Seunubok Teungoh Idi, Dayah Sirajul Huda, berlokasi di Kelurahan Seuriget, Kecamatan Langsa Barat, Dayah Zawiyah Miftahus Salam, Dusun Bakti Kampung Krieng Sikajang Manyak Payed, Aceh Tamiang.

 “Meski bukan dalam jumlah yang besar, dukungan yang diberikan kepada sejumlah dayah diharapkan dapat memenuhi sebahagian kebutuhan yang mendesak bagi dayah, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini” ujarnya.

Pikabas
Foto Istimewa

Dijelaskan Cut, pemberian bantuan diberikan dengan menyesuaikan kebutuhan yang ada di dayah agar bantuan tepat sasaran, efektif, dan berdaya guna. Sehingga kemanfaatannya dapat lebih berdampak bagi kebutuhan masing-masing dayah.

 “Kehadiran Pikabas juga diharapkan dapat memberikan dorongan emosional yang positif bagi seluruh santri di lokasi kunjungan,” ujarnya.

Ditambahkan, kegitan sosial yang dilakukan Pikabas merupakan dukungan yang dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Bank Aceh yang ke-48. Kegiatan diikuti oleh pengurus Pikabas pusat dan turut didampingi oleh anggota Pikabas yang ada di setiap wilayah lokasi kunjungan.

 “Agenda sosial Pikbas dijadwalkan juga dilaksanakan di dua wilayah lainnya, yakni tengah dan barat,” tutup Cut. (*)