Bantu Bajak, Bibit dan Pupuk untuk Masyarakat

Bantu Bajak, Bibit dan Pupuk untuk Masyarakat

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH –  Program Indeks Pertanaman 3 kali setahun atau yang dikenal dengan IP300, dari Dinas Pertanian diapresiasi oleh masyarakat.

Sebagaimana diketahui, untuk menjalankan kegiatan IP300, masyarakat mendapatkan bantuan menyeluruh, mulai dari membajak sawah, pemberian bibit dan pupuk.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Abdul Wahab, selaku Ketua Kelompok Tani Bungong Jeumpa. Bungong Jeumpa adalah salah satu dari sebelas kelompok tani penerima bantuan program IP300 di Aceh Besar.

Baca Juga: Bek Asing Persiraja Ingin Segera Kembali ke Aceh

“Melalui kegiatan IP300 ini, Pemerintah telah membantu kami, mulai dari membajak tanah, memberi bibit dan pupuk. Alhamdilillah, masyarakat telah menerima dengan sepenuh hati,” ujar Abdul Wahab.

Bersama 42 orang anggota kelompoknya, Abdul Wahab menggarap areal sawah seluas 25 hektar. “Alhamdulillah, hasil panen cukup menggembirakan, mencapai 8,5 ton per hektar,” Sambung Abdul Wahab.

Baca Juga: Olahraga atau Tidur, Mana yang Harus Dipilih saat Sedang Lelah?

Sementara itu, Mantri Tani Kecamatan Indrapuri Rizal Putra menjelaskan, tahun ini Kecamatan Indrapuri mendapatkan bantuan program IP300 seluas 500 hektar, yang tersebar di 11 Gampong dan bantuan pendukung IP300 seluas 1.350 hektar.

“Pada program IP300 ini, setiap kelompok mendapatkan bantuan benih sebanyak 25 kilogram per hektar dan bantuan pupuk MPK sebanyak 100 kilo per hektar, serta bantuan olah tanah secara gratis,” ujar Rizal Putra.

Rizal menambahkan, pada program IP300 ini, Dinas Pertanian bekerja sama dengan Babinsa serta masyarakat setempat.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk dari upaya bersama menjaga ketahanan pangan daerah.

Masyarakat sangat mendukung, dan uUntuk tahun 2020, program ini sudah 100 persen di kerjakan,” pungkas Rizal. (*)