Banjir juga Landa Matangkuli Aceh Utara, 12 Desa Terendam

Banjir juga Landa Matangkuli Aceh Utara, 12 Desa Terendam

ACEHSATU.COM | LHOKSUKON – Bencana banjir dilaporkan menghantam belasan desa di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Selasa (28/7/2020) sore.

Banjir dengan ketinggian air mencapai setengah meter tersebut terjadi akibat luapan Krueng Keureuto yang tidak mampu menampung guyuran air hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan tersebut sejak pagi.

Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto dalam keterangannya, Selasa, melalui Kapolsek Matangkuli Iptu Asriadi mengatakan, curah hujan yang tinggi telah mengakibatkan air Sungai Krueng Keureuto meluap.

“Akibat meluapnya air sungai belasan Gampong yang ada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) krueng keureuto kini sudah mulai digenangi air lagi, hingga pukul 18.00 ketinggan air sudah mencapai 30 hingga 50 cm,” kata Iptu Asriadi.

Dampak banjir, 12 desa di Kecamatan Matangkuli yakni Gampong Teungoh Seuleumak, Alue Entok, Tanjong Teungku Kari, Teumpok Barat, Meuria, Hagu, Alue Tho, Ceubrek Pirak, Lawang, Meunye Pirak, Siren dan Tanjong Haji Muda, terendam banjir.

“Saat ini personel Matangkuli intens memantau perkembangan debit air sungai untuk antisipasi maupun langkah yang cepat dan tepat apabila terjadi banjir yang semakin parah,” tandas Kapolsek. (*)