Banjir di Langsa, 1.322 Rumah Terendam

Seribu lebih rumah di Langsa, Aceh, terendam banjir akibat sungai meluap (dok BPB Aceh)

ACEHSATU.COM | LANGSA — Banjir di Langsa menyebabkan luapan air yang melanda sejumlah desa di Kota Langsa, Aceh. Akibatnya, ribuan rumah terendam.

“Sebanyak 1.322 unit rumah terendam banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Banjir yang merendam delapan desa di tiga kecamatan itu terjadi sejak Kamis (5/11). Banjir disebabkan oleh meluapnya sungai di wilayah tersebut.

Menurut Sunawardi, rumah warga terendam banjir setinggi 30-80 sentimeter. Daerah yang terendam banjir antara lain Desa Jawa di Kecamatan Langsa Kota; Desa Pondok Pabrik, Desa Sidodadi, Desa Selalah Baru, Desa Pondok Kemuning di Kecamatan Langsa Lama.

Tiga desa lainnya yaitu Desa Geudubang Aceh, Desa Lengkong, dan Desa Paya Bujok Seuleumak di Kecamatan Langsa Baro. Akibat banjir tersebut, satu warga memilih mengungsi.

“Banjir masih merendam rumah warga. BPBD Kota Langsa menurunkan dua unit rubber boat di dua lokasi yang berbeda dan melakukan evakuasi terhadap korban banjir,” jelas Sunawardi. (*)