Banjir di Aceh Utara Meluas, 6.663 KK Terdampak, 24.332 Jiwa Terpaksa Mengungsi

Terdapat 14 Kecamatan di Aceh Utara yang terendam banjir akibatnya 24.332 jiwa terpaksa mengungsi ketempat yang aman.
Banjir Aceh Utara
Banjir Aceh Utara, Sebagian warga terpaksa mengungsi | Foto: Acehsatu.com/Syahrul Usman

ACEHSATU.COM | Aceh Utara – Luapan air sungai dibeberapa wilayah di Aceh Utara membuat banjir semakin meluas , Hingga 03 Januari 2022 Setidaknya 14 Kecamatan di Aceh Utara terendam.

Beberapa sungai yang meluap hingga merendam 14 Kecamatan di Aceh Utara diantaranya, Sungai Peutoe , sungai Kerto, sungai  Pasee , dan Sungai  Jambo Aye.

Plt Kalaksa BPBD Aceh Utara, Murzani pada Senin, (03/01/2022) mengatakan sejauh ini  terdapat 14 Kecamatan di Aceh Utara yang terendam banjir akibatnya 24.332 jiwa terpaksa mengungsi ketempat yang aman.

Selain itu, meunurut data BPBD Aceh Utara, 6.663 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 14 Kecamatan terdampak banjir dari banjir.

Murzani menyebutkan ke 14 Kecamatan yang terendam yakni, Kecamatan Dewantara, Kecamatan Sawang, Kecamatan Bandar Baro, Kecamatan Cot Girek , Kecamatan Matang Kuli, Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Tanah Luas , Kecamatan Samudera, Kecamatan Langkahan, Kecamatan Kuta Makmur, Kecamatan Geuredong Pase Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Paya Bakong.

Pantauan Acehsatu.com dilokasi banjir,  selain menggenangi pemukiman warga, luapan air sungai juga menggenangi Jalan Nasional Medan – Banda Aceh di Lhonsukon dan pusat Ibukota Aceh Utara.

Selain itu, PLN terpaksa memadamkan listrik di sejumlah Kecamatan yang terdampak banjir untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.