Banjir Bandang Hantam Dataran Tinggi Gayo Lues, Belasan Rumah Warga Rusak

Banjir Bandang Hantam Dataran Tinggi Gayo Lues, Belasan Rumah Warga Rusak

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Banjir bandang dilaporkan menghantam dataran tinggi Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, tepatnya di Desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung. Akibatnya, 12 unit rumah warga mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan banjir bandang di kawasan tersebut terjadi sebanyak dua kali, yaitu pada Senin (27/7/2020) dan Rabu (29/7/2020) dini hari.

“Bencana banjir bandang terjadi dua kali pada Senin dan Rabu dini hari sekitar pukul 1.07 WIB di Gumpang Lempuh, Gayo Lues,” ujar Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (30/7/2020).

Disebutkan, bencana banjir bandang menyebabkan sebanyak 12 unit rumah warga rusak. Sembilan di antaranya mengalami rusak sedang, sedangkan tiga rumah rusak parah.

Dua unit bangunan ibadah juga ikut terdampak banjir, yakni satu masjid dan mushala akibat terendam dan tertimbun material banjir.

Sunawardi juga menyebutkan, banjir bandang juga membuat badan jalan yang menghubungkan desa tetangga di wilayah Gumpang Lempuh tergerus. Selain itu, lahan persawahan dan tanaman jangung dengan luas sekitar 12 hektare mengalami rusak berat.

“Ada 17 kepala keluarga terdampak banjir, termasuk yang rumahnya mengalami rusak sedang dan berat. Kalau jumlah jiwa, hingga kini masih terus didata BPBD Gayo Lues” katanya.

Sunawardi memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi di wilayah yang dikelilingi kawasan ekosistem Leuser yang merupakan hutan terluas di kawasan Asia Tenggara dengan beragam flora dan fauna di dalamnya itu.

Dia mengatakan, sejak Rabu (29/7/2020) siang sekitar pukul 15.00 WIB, banjir perlahan-lahan mulai surut.

“Warga korban terdampak, mulai bersihkan rumah mereka dari berbagai material,” kata Sunawardi. (*)