Bakir Pasaman Ditunjuk Jadi Dirut PT Pupuk Indonesia Sehari Setelah Diperiksa KPK

Bakir Pasaman. Net

Bakir Pasaman Ditunjuk Jadi Dirut PT Pupuk Indonesia Sehari Setelah Diperiksa KPK

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Bakir Pasaman ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Tbk. Penunjukan itu tertuang dalam SK-263/MBU/08/2020 tanggal 4 Agustus 2020.

Sehari sebelumnya, Bakir diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tersangka Direktur PT HTK, Taufik Agustono.

Pemeriksaan Bakir terkait penyidikan kasus suap bidang pelayaran antara PT Pilog dengan PT HTK dan penerimaan lain yang terkait dengan jabatan. Bakir tak tersangkut kasus itu.

Bakir sempat tidak menghadiri pemanggilan KPK, namun akhirnya pada Senin (3/8/2020) Bakir Pasaman mendatangi lembaga antirasuah itu.

Putera Singkil

Bakir Pasaman disebut-sebut cicit Datuk Singkil, Abdurauf. Melansir berbagai sumber, Datuk Abdurauf, merupakan pendiri Rumah Gadang di Desa Ujung, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, pada tahun 1903 yang menjadi cikal bakal lahirnya Singkil Baru, seperti dikenal saat ini.

Kini, Putera Aceh Singkil yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Pupuk Kaltim resmi ditunjuk Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Tbk.

Selain mengangkat Bakir, Menteri BUMN melalui SK-262/MBU/08/2020 tanggal 4 Agustus 2020, juga mengangkat Darmin Nasution sebagai Komisaris Utama menggantikan Bungaran Saragih yang juga telah habis masa jabatannya. (*)