Awas, Dirlantas Aceh Disiplinkan Pakai Masker, Tak Pakai Putar Balik Kenderaan

Awas, Dirlantas Aceh Disiplinkan Pakai Masker, Tak Pakai Putar Balik Kenderaan

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh mulai hari ini, Selasa (2/6/2020) mulai mendisiplinkan pengendara sepeda motor (Sepmor) menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pengendara Sepmor yang tidak pakai masker diminta putar balik kenderaanya untuk mengambil Masker. Untuk mensukseskan kebijakan tersebut sejumlah personil polisi lalu lintas di tejunkan Dirpolda Aceh  di sejumlah persimpangan jalan di  Kota Banda Aceh.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani langsung turun kejalan mendisplinkan pemakaian masker ini.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, kepada Acehsatu.com, Selasa (2/6/2020) mengatakan, pendidsiplinan pengendara Sepmor menggunakan masker dilakukan pihaknya sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Aceh, pendisiplinan hari kita lakukan di beberapa titik, jika ditemukan pengendara tidak menggunakan masker petugas memberikan himbauan agar menggunakan masker.

“Pengendara yang tidak menggunakan masker diminta memutar balik kenderaanya untuk mengambil Makser baru kemudian dipersilahkan melanjutkan perjalanan,” ujarnya

“Kamu tidak pakai masker, masker kamu dimana, di rumah pak, ayo ambil, kamu maskernya dimana, tinggal tempat kawan pak, ayo kamu balik ambil masker dulu,” tutur  Kambes Dicky kepada pengendara sepmor yang tidak pakai masker.

Menurutnya, banyak pengendara kenderaan di Aceh yang masih enggan menggunakan masker padahal sudah banyak masker di bagikan kepada warga beberapa waktu lalu untuk itu, pihaknya mendisiplinkan warga agar menggunakan masker.

Mewajibkan Pengendara kendaraan bermotor memakai masker, lanjut mantan Kapolres Aceh Tamiang ini, bukan pemaksaan terhadap warga namun semata mata untuk kepentingan bersama, terlebih dikhawatirkan jika ada orang tanpa gejala yang tidak pakai masker dapat menyebarkan Covid-19 kepada warga lainnya.

“Jika ini tidak kita antisipasi sejak dini, Aceh yang yang saat ini berstatus zona hijau bisa menjadi zona merah covid-19 dan ini tidak pernah kita inginkan, “ujar Kombes Dicky Sondani

Kombes melanjutkan, upaya yang dilakukan pihaknya sekali lagi bukan pemaksaan melainkan bentuk mendisiplinkan pengendara kenderaan agar menerapkan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker. “Kita harus tetap hati-hati agar Aceh aman dari penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya ini,” demikian  Kombes Dicky Sondani .(*)