Awali Penerapan Perbup Disiplin Prokes, Kadinkes Bireuen dan Kepala Puskesmas Gelar Apel Bersama

Kadinskes dr. Irwan A Gani berharap dari jajaran kesehatan dapat menjadi garda terdepan untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi di masyarakat. "Kita dibidang kesehatan ada Bab VI di Perbup tersebut, tugas kita sosialisasi dan edukasi, untuk penegakan hukum ada instansi terkait," jelasnya.
Disiplin Prokes
Kadinkes Bireuen, dr Irwan A Gani sedang menyampaikan arahan saat apel bersama, Kamis (17/09/2020) pagi.(Foto. ACEHSATU.COM)

ACEH SATU.COM | BIREUEN – Mengawali penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan mencegah Covid-19 telah tertuang dalam peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2020. Kepala Dinas Kesehatan Bireuen dan para Kepala Puskesmas serta jajaran gelar apel bersama, Kamis (17/09/2020) pagi.

Kadinskes dr. Irwan A Gani berharap dari jajaran kesehatan dapat menjadi garda terdepan untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi di masyarakat. “Kita dibidang kesehatan ada Bab VI di Perbup tersebut, tugas kita sosialisasi dan edukasi, untuk penegakan hukum ada instansi terkait,” jelasnya.

Dikatakan juga dalam melaksanakannya dilapangan diharap agar dapat bersinergi dengan Muspika dan melibatkan pemuka agama, tokoh di masyarakat serta pihak terkait lainnya. “Perbup ini ada sanksi, dan saya harap PNS, non PNS Dinkes jangan melanggar, apalagi tenaga kontrak diputus hubungan kerja nanti,” pesannya.

Ini menjadi penekanan dikarenakan kita diharap pimpinan daerah menjadi contoh bagi masyarakat. Upaya mencegah Covid-19 pertama pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerukunan, untuk ragam kegiatan tetap bisa dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Diakhir arahannya Kadinkes juga berharap setiap Puskesmas sudah disiapkan poli Ispa dan jika ada pasien mengarah tanda dan gejala Covid untuk dilakukan skrening awal. “Agar langkah antisipasi bisa segera dilakukan saat dirujuk ke rumah sakit,” imbuh dr Irwan A Gani. (*)