oleh

Awal 2021 Proyek Jalan Tol Binjai – Langsa Dimulai

-Aceh Timur-2.240 views

Awal 2021 Proyek Jalan Tol Binjai – Langsa Dimulai

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Proyek pembangunan jalan tol  Binjai – Langsa awal tahun 2021 mendatang mulai dikerjakan saat ini tahap pembebasan tanah.

Dikerjakan pembangunan mega proyek jalan tol trans Sumatera yang merupakan satu dari sekian proyek strategis nasional awal tahun depan, terungkap dalam rapat konsolidasi pembangunan jalan Tol Binjai-Langsa yang dipimpin Bupati Aceh Tamiang, Mursil di aula Setdakab setempat, kemarin.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin, Asisten Pemerintahan, Zulfiqar, Dinas Pertanahan Aceh dan Dinas Pertanahan Aceh Tamiang, Tim Persiapan pengadaan tanah pembangunan Jalan Tol Binjai – Langsa, para camat, datok pengulu, mukim kampung dalam empat wilayah kecamatan.

Dalam rapat tersebut, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn mengatakan, Kabupaten Aceh Tamiang, satu dari dua kabupaten/ kota yang masuk dalam rencana trase ruas Jalan Tol Binjai – Langsa yang tanggung jawab pelaksanaanya PT Hutama Karya (HK).

Pada kesemptan tersebut, Bupati Mursil mengaku sangat mendukung pembangunan Tol Binjai – Langsa yang harus didukung seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu ia meminta para Camat, Datok Penghulu (Kades), dan para Mukim Kampung yang wilyah dilintasi jalan tol ini agar memberikan pemhaman penting dan strategisnya pembangunan jalan tol tersebut untuk kepentingan ekonomi di daerah ini sehingga tidak ada kendala dilapangan baika pemmebebasan lahan maupun saat pengerjaan proyek.

Ia memaparkan manfaat jalan tol dimana nanti akan memudahkan akses mengeluarkan  hasil bumi rakyat untuk dipasarkan dengan waktu yang singkat. Belum lagi wisatawan daerah yang mudah datang ke daerah ini melihat potensi alam sehingga ekonomi usaha kecil akan meningkat pertumbuhanny.“Tolong, pak camat, pak datok penghulu dan pak mukim, sampaikan kepada rakyat, proyek ini sangat menguntungkan Aceh Tamiang, ungkap Mursil.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanahan Aceh Mukhtarmenjelaskan, pembangunan jalan tol yang digelar Timnya “Binsa” (Binjai-Langsa) merupakan proyek strategis nasional yang diharapkan pembangunannya dapat meningkatkan ekonomi, mempersingkat transportasi.

“Skema rencana pembangunan sudah final yang ditetapkan oleh Kementerian PU dan PR RI,” ujarnya

Progres proyek ini saat ini dan sedang jalani, pra persiapan sebelum pengerjaan proyek, untuk itu dibutuhkan dukungan sepenuhnya dari Pemkanb Aceh Tamiang dan masyarakat dalam mensukseskan program ini.

“Proyek Strategi Nasional ini harus berjalan dengan perencanaan yang dilakukan selama tiga bulan, selanjutnya pelaksanaan tiga bulan bulan dan InshaAllah konstruksi proyek  sudah dimulai di awal 2021”, jelasnya.

Sedangkan perwakilan Kementerian PU dan PR turut menampilkan video review basic design rencana pembangunan trase ruas Tol Binjai-Langsa sekaligus membahas masalah data administratif wilayah yang terkena pengadaan tanah  (*)

Indeks Berita