oleh

Aturan Bercerai di Negara Ini Unik, Pasangan Wajib Pakai Kembali Pakaian Pengantin

-Unik-130 views

ACEHSATU.COM — Setiap negara di dunia ini, pasti memiliki aturan-aturan hukum, kebiasaan atau tradisi yang diberlakukan bagi warganya.

Dengan adanya peraturan pada sebuah negara di harapkan warga negara tersebut dapat hidup rukun, aman dan terkendali.

Pada umumnya peraturan setiap negara berbeda dengan negara lainnya. Mungkin seseorang tidak melanggar hukum di satu negara tetapi di negara lain mungkin saja itu melanggar hukum.

Tidak hanya itu, bahkan ada negara yang membuat aturan terkadang terlihat aneh dan unik, namun demikian aturan tersebut tetap wajib ditaati oleh setiap warganya.

Oleh sebab itu, jika seseorang ingin tinggal atau menetap di sebuah negara, pastikan kita sudah mengetahui setiap peraturan yang ada di negara tersebut.

Seperti peraturan yang diberlakukan di negara Ghana, Afrika dimana pasangan yang ingin bercerai diwajibkan untuk mengenakan pakaian pengantin pada saat sidang perceraian.

Jika pasangan yang mau bercerai tersebut tidak mengenakan pakaian pengantin yang dulu mereka gunakan saat menikah, maka sidang akan dibatalkan, sebagaimana dilansir terkini.id

Bercerai Itu Tidak Mudah

Pesan penting yang disampaikan oleh otoritas di negara tersebut, bahwa mengakhiri hubungan pernikahan itu tidak semudah yang dibayangkan.

Ada beberapa hal yang menjadi syarat pasangan suami istri agar perceraian tersebut disahkan oleh hukum.

Wajib Pakai Gaun Pengantin

Pasangan yang ingin bercerai harus mengenakan busana yang sama saat menikah untuk menjalani sidang perceraian.

Seperti dikutip dari Ngyab, sebuah media asal Nigeria, disebutkan jika pasangan tersebut tidak memenuhi aturan itu maka perceraian pun otomatis dibatalkan.

Ampuh Kurangi Perceraian

Peraturan tersebut ternyata tidak cuma unik dan menarik. Tetapi, aturan itu sanggup mengurangi angka perceraian di negeri tersebut.

Perceraian Dibuat Rumit

Aturan tersebut berangkat dari kesadaran, bahwa pernikahan itu tidak gampang.

Setiap pernikahan tentu melibatkan banyak pihak, dan birokrasi seperti pengurusan di kantor KUA yang cukup panjang.

Maka, ketiga bercerai, prosesnya juga panjang. Perceraian melibatkan orangtua, besan, sanak saudara, teman-teman terdekat, rekan kerja, hingg anak-anak.

Maka jangan heran kalau aturan pernikahan itu dibuat rumit, bukannya menyulitkan, tapi sebagai bahan refleksi bahwa menyatukan dan memutuskan hubungan pernikahan itu nggak semudah yang dibayangkan.

Mengingatkan Masa Pernikahan

Dengan mengenakan busana yang sama saat menikah, pasangan yang ingin bercerai akan diingatkan kembali pada kenangan manis dan janji suci yang pernah mereka ucapkan dahulu.

Cara ampuh untuk mencegah perceraian adalah dengan memunculkan kembali memori-memori manis yang pernah dirasakan.

Dengan membangkitkan ingatan masa lalu itu, mereka pun bisa mengingat momen-momen penting dan berkesan saat menikah.

Walhasil, banyak yang berpikir-pikir kembali untuk bercerai, bahkan membatalkan perceraiannya. (*)

Komentar

Indeks Berita