Arahan Jokowi Cegah Omicron, Tuntaskan Vaksin Tahap Dua Dan Perketat Prokes

“69 persen pasien yang meninggal akibat terpapar virus varian belum vaksin lengkap. Artinya vaksin menjadi kunci penanganan Omicron untuk mengendalikan angka kematian, ” Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)
presiden Jokowi

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hanya dua kunci yang perlu terus digencarkan oleh seluruh kepala daerah beserta jajaran Polri dan TNI untuk mengendalikan serangan varian Omicron.

Kedua kunci tersebut kata Jokowi adalah menggencarkan penyelesaian vaksinasi dosis lengkap dan pengetatan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Arahan tersebut disampaikan Jokowi kepada seluruh kepala daerah secara virtual yang di ikuti Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar di Meuligoe Gubernur, Senin, 7/2/2022.

Baca : Cegah Penyebaran Omicron, Menag Larang Edarkan Kotak Amal

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan, tren penyebaran virus corona varian omicron terus mengalami peningkatan di seluruh belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia, varian tersebut 90 persen menyebar di Jawa dan Bali.

Jokowi mengatakan, hanya dua kunci yang perlu terus digencarkan oleh seluruh kepala daerah beserta jajaran Polri dan TNI untuk mengendalikan serangan varian Omicron.

Sasaran Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Aceh Tengah Sebanyak 24.432 Orang
Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan data sasaran vaksinasi COVID-19 di tingkat nasional sebanyak 26.400.300, untuk Provinsi Aceh sekitar 581.929 dan sasaran untuk Kabupaten Aceh Tengah sendiri sebanyak 24.432 anak.

Kedua kunci tersebut adalah menggencarkan penyelesaian vaksinasi dosis lengkap dan pengetatan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat.

“69 persen pasien yang meninggal akibat terpapar virus varian belum vaksin lengkap. Artinya vaksin menjadi kunci penanganan Omicron untuk mengendalikan angka kematian, ” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, capaian vaksinasi di daerah sangat menentukan risiko akibat paparan Omicron.

Oleh sebab itu, ia meminta kepala daerah, Kapolda, Pangdam, Kapolres dan Dandim yang capaian vaksinasi di wilayah kerjanya masih di bawah 70 persen agar bekerja lebih keras lagi. Vaksinasi perlu dipercepat utamanya bagi kelompok lanjut usia (Lansia).

Baca : Mengenal Gejala Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Ditemukan di Afrika

“Karena memang kunci penanganan Omicron ini ada dua, vaksinasi dipercepat dan memperketat protokol kesehatan kembali, ” kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi meminta semua kepala daerah untuk mengecek kembali kesiapan rumah sakit daerahnya masing-masing. Setiap rumah sakit harus memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menghadapi jika varian Omicron merebak.

“Semua RS dicek kembali yang berkaitan dengan oksigen dan obat-obatan, dan menyampaikan pada Menkes apabila barang yang saya sebutkan tidak ada. Tidak usah terlalu panik, masyarakat diberikan penjelasan dengan tenang dan manajemen lapangan dilaksanakan sebaik mungkin, ” demikian Jokowi (*)