Antisipasi Dini Bencana Alam, Bupati Bireuen Cek Kesiapsiagaan Tim Gabungan

"Saya meminta seluruh personel terlibat dalam apel ini untuk mempersiapkan diri, peralatan, dan logistik secara maksimal, sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat," tutur Bupati.
Antisipasi Dini Bencana Alam
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi melihat perlengkapan untuk penanggulangan bencana usai gelar apel, Rabu (11/11/2020) pagi. (Foto : Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

Antisipasi Dini Bencana Alam, Bupati Bireuen Cek Kesiapsiagaan Tim Gabungan

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Memastikan kesiapan personil, perlengkapan, sebagai upaya antisipasi potensi bencana alam sedini mungkin.

Pemkab Bireuen mengelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam melibatkan tim gabungan TNI-Polri dan instansi terkait, di halaman pendopo Bupati, Rabu (11/11/2020) pagi.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam sambutannya dalam apel dihadiri forkopimda, Sekda, pejabat Polres dan Kodim 0111/Bireuen, kepala SKPK, Camat, tim gabungan sebagai peserta apel diantaranya mengharapkan.

Kesiapsiagaan menghadapi bencana alam bukan hanya seremonial belaka saja, tapi bagaimana kita benar-benar menunjukkan kesiapsiagaan menanggulangi bencana yang terjadi di Kabupaten Bireuen.

“Kita tidak meminta ada bencana,” kata Bupati. Namun kita juga harus selalu siap siaga dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana, dan saat ini kita sudah memasuki bulan November, pada bulan ini intensitas hujan di Bireuen cukup tinggi, bisa terjadi longsor, banjir, angin kencang.

“Saya meminta seluruh personel terlibat dalam apel ini untuk mempersiapkan diri, peralatan, dan logistik secara maksimal, sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat,” tutur Bupati.

Selain itu Bupati jug berharap bencana Covid-19 terjadi di Bireuen bisa terus berkurang, warga terpapar dapat sembuh, sehingga masyarakat kembali menjalani kehidupan dengan normal, dapat berusaha dengan lancar memenuhi kebutuhan hidup bagi keluarganya, ujar Bupati Muzakkar A Gani.

Genangan Air Jalan Raya Picu Kecelakaan

Sementara itu, Bupati Bireuen didampingi Kapolres AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi ditanya Acehsatu.Com terkait penanganan genangan air dampak hujan dijalan raya dapat memicu kecelakaan bagi pengguna jalan.

Kondisi ini menjadi perhatian kita, untuk melakukan pemeriksaan, dilokasi mana saja terjadi genangan. “Secara teknis kita minta dinas terkait mengecek tingkat genangan, jika bisa kita lakukan dengan tanggap darurat bencana, jika tidak masuk tanggap darurat bencana, kita rencanakan sesuai mekanisme yang ada,” jelas Bupati.

Sementara Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi ditanya Acehsatu.Com mengatakan, posko tim penanggulangan bencana ada di Pendopo Bupati Bireuen, saat terjadi bencana langsung dikerahkan kelokasi dengan personel, perlengkapan sarana dan prasarana yang tersedia. (*)