Angin Kencang Landa Beberapa Wilayah di Aceh, Sejumlah Pohon Tumbang ke Badan Jalan

Hanya saja, lanjut dia, arus lalu lintas sempat terhambat akibat material pohon yang menutupi badan jalan di Aceh Besar dan Sabang.
Angin Kencang Landa Aceh
Pohon tumbang yang menutupi badan jalan di kawasan Peukan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Sabtu (19/9/2020). (ANTARA/HO-BPBA)

ACEHSATU.COMHujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Aceh seperti Kota Banda Aceh, Sabang dan Kabupaten Aceh Besar yang menyebabkan sejumlah pohon tumbang ke badan jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), pada Sabtu, melaporkan bahwa hujan disertai angin kencang itu mengakibatkan pohon tumbang di wilayah Aceh Besar dan Sabang.

Data BPBA dua pohon tumbang yang menutupi badan jalan itu terjadi kawasan Peukan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar dan di Cot Bak Geutum, Desa Balohan, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

“Akibat hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan pohon tumbang yang terjadi di beberapa titik lokasi,” kata Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi, di Banda Aceh. seperti dikutip Antara.

Sunawardi menjelaskan, tidak ada korban jiwa dan dampak material akibat bencana alam tersebut, baik di Aceh Besar maupun di wilayah Pulau Weh itu.

Pohon tumbang yang menutupi badan jalan di kawasan Cot Bak Geutum, Desa Balohan, Kecamatan Sukajaya, Sabang, Sabtu (19/9/2020). dan di (ANTARA/HO-BPBA)

Hanya saja, lanjut dia, arus lalu lintas sempat terhambat akibat material pohon yang menutupi badan jalan di Aceh Besar dan Sabang.

Menurut dia, Pusdalops BPBD di masing-masing daerah langsung ke lokasi kejadian saat menerima laporan, guna membersihkan material pohon tumbang sehingga banda jalan sudah bisa dilalui kembali.

“Kondisi terakhir sudah selesai dibersihkan material dan sudah bisa dilalui,” kata Sunawardi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasisun I  Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar menyatakan tiga hari kedepan wilayah Aceh masih terjadi hujan ringan hingga sedang.

“Aceh dalam dua sampai tiga hari ke depan masih berpotensi hujan ringan dan hujan lebat, ini disebakan karena adanya gangguan atmosfer seperti belokan angin dan suhu muka laut tinggi yang menyebabkan terjadi pertumbuhan awan-awan hujan,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Besar Zakaria.

Potensi hujan ringan dan sedang itu terjadi hampir seluruh wilayah barat selatan Aceh, tengah, dan pantai timur. Sedangkan untuk daerah Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar dalam tiga hari kedepan berpotensi hujan ringan dan angin kencang

“Waspadai daerah ini adalah angin kencang, bertiup dari barat daya dengan kecapatan 20-30 kilometer per jam. Nelayan juga perlu waspadai ini, dan penyebaran Sabang-Banda Aceh,” katanya. (*)