Subulussalam

Anggota DPRK Subulussalam Ini Protes Hasil AMDAL PT OSS

Anggota DPRK Subulussalam, Rasumin Pohan. | IST

Anggota DPRK Subulussalam, Rasumin Pohan. | IST

Laporan Nukman Arung

ACEHSATU.COM, SUBULUSSALAM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Subulussalam Rasumin Pohan, Senin (14/3/2016) menyampaikan protes keras terkait pengumuman hasil AMDAL kegiatan pernambangan PT Organik Semesta Subur di Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Kecamatan Sultan Daulat ini bahkan menyesalkan sikap Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Sebulussalam yang tidak melakukan koordinasi dengan pihaknya.

Selain itu, Rasumin mengaku hingga saat ini pihaknya juga belum menerima laporan resmi apapun, baik dari dinas maupun perusahaan tambang tersebut. “Saya sudah berkomunikasi dengan pihak perusahaan dan mempertanyakan langsung tentang kegiatan ini, tetapi mereka tidak menggubris,” sebut rasumin yang dihubungi ACEHSATU.COM melalui sambungan telepon.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini, pihaknya akan segera mengkaji serta membahas kebijakan yang dinilainya sepihak tersebut, termasuk dasar hukum kegiatan tambang sebagaimana diklaim melalui pengumuman hasil studi AMDAL ke publik.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak perusahaan PT. Organik Semesta Subur belum berhasil ditemui untuk dimintai keterangan.

Diberitakan sebelumnya, pengumuman hasil studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terkait rencana kegiatan penambangan biji besi PT Organik Semesta Subur (OSS) di Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam pada Jumat (12/3/2016) lalu di salah satu media cetak terbitan Aceh, mengundang tanda tanya besar.

Pasalnya, pengumuman hasil AMDAL justeru terjadi tanpa sepengetahuan pejabat terkait.

Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Subulussalam, melalui Kepala Bidang Lingkungan Hidup Ramlan Efendi, saat dikonfirmasi wartawan ACEHSATU.COM di ruang kerjanya, Senin (14/3/2016),  secara tersirat mengungkap adanya sinyalemen kejanggalan dalam penerbitan hasil AMDAL tersebut.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top