Anggota DPR RI TA Khalid Serahkan Alsintan Bantuan Kementan untuk Kelompok Tani Bireuen

Penyerahan bantuan tersebut Turut disaksikan oleh staf ahli Bupati Bireuen, Ir H Mukhtar Abda Msi, anggota DPRK Bireuen Partai Gerindra, Faisal Hasballah SE MSM, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM, unsur Muspika Peudada dan Ketua DPC Gerindra Bireuen, H Fauzi MA.
Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Gerindra Ir H TA Khalid MM didampingi staf ahli Bupati Ir H Mukhtar Abda Msi menyerakan bantuan Alsintan bantuan dari Kementerian Pertanian RI kepada kelompok tani secara simbolis Kamis (24/09/2020) di BPP Peudada/Foto. ACEHSATU.COM.

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Gerindra Ir H TA Khalid MM, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk kelompok tani Kabupaten Bireuen Kamis (24/9/2020) di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Peudada.

Penyerahan bantuan tersebut Turut disaksikan oleh staf ahli Bupati Bireuen, Ir H Mukhtar Abda Msi, anggota DPRK Bireuen Partai Gerindra, Faisal Hasballah SE MSM, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM, unsur Muspika Peudada dan Ketua DPC Gerindra Bireuen, H Fauzi MA.

Anggota DPRK Bireuen Komisi II, Faisal Hasballah SE MSM, menyampaikan ucapan berterimakasih kepada Ir H TA Khalid MM atas perjuangan ditingkat pusat yang telah dapat memberikan bantuan berupa satu mobil tracktor dan enam mesin pompa air kepada kelompok tani di Bireuen.

“Terimakasih atas perjuangan bapak TA Khalid sehingga dapat memberi bantuan ini dan berharap kelompok tani menjaga dengan baik, jangan berpindah tangan dan kita harapkan dapat lebih banyak lagi bantuan dapat diberikan kepada petani di Bireuen,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM, dalam sambutannya mengatakan, saat ini kondisi luas baku sawah di Bireuen 14.944 hektare tersebar 17 kecamatan.

Dengan kriteria sawah irigasi melebihi 10 ribu hektare, irugasi desa/perdesaan 844 hektare dan untuk sawah tadah hujan masih tinggi seluas 3.711 hektare dalam beberapa kecamatan.

“Apabila kita padukan dengan produksi padi rata-rata 6,7 ton/hektare dikali dengan luas total baku sawah itu dapat menghasilkan padi 100 ribu ton lebih dan dikali telah menjadi beras 62 persen total beras dihasilkan satu periode tanam 62 ribu ton setiap panen,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kadistanbun Bireuen juga memaparkan beberapa yang dihadapi petani, pertama dialami petani di Bireuen khususnya dan Aceh umumnya adalah soal pupuk subsidi sangat terbatas, untuk Bireuen diberikan 30 persen dari total kebutuhan RDKK lebih 18 ribu ton, untuk pupuk Urea Bireuen hanya diberi 6000 ton.

Kedua, juga masih sangat minim bahkan sangat terbatas alat mesin pertanian baik dibutuhkan saat sebelum dansudah panen padi, seperti mobil tractor, mesin potong padi Combine Harvester.

“Apabila mesin ini tersedia petani bisa menghemat biaya produksi sampai 700 ribu/perhektare, atau hampir 10 milyar,” tutur Muhammad Nasir.

Selama ini areal sawah teknis di Bireuen disuplai air dari enam daerah irigasi yang ada di beberapa kecamatan di Bireuen, jelas Kadistanbun, diacara turut dihadiri kepala BPP, keuchik, ketua kelompok penerima bantuan Alsintan dan mesin pompa air dan berharap bantuan lainnya.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, diwakili staf ahli Ir H Mukhtar Abda Msi mengatakan, di masa pandemi Covid-19 pertanian sektor penting dalam menjaga ketahanan pangan.

Dukungan ketersediaan Alsintan khusus pra tanam, pra panen serta pasca panen diperlukan untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pertanian, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan yang berujung pada peningkatan produktivitas pertanian serta penurunan biaya produksi.

Dengan adanya penyerahan alsintan ini diharap berdampak positif bagi petani di Bireuen. Untuk dapat bersaing di bidang pertanian, membutuhkan terobosan dalam hal alat mekanisasi pertanian canggih.

“Saya berharap bantuan ini dirawat dan dijaga dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” sebutnya. (*)

Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Gerindra Ir H TA Khalid MM didampingi staf ahli Bupati Ir H Mukhtar Abda MSi penyerahan bantuan kepada kelompok tani secara simbolis Alsintan bantuan Kementerian Pertanian, Kamis (24/09/2020) di BPP Peudada/Foto. ACEHSATU.COM.