Budaya dan Seni

Anggota Dewan Janjikan Cetak Buku Penyair Hasbi Burman, Sastra Aceh Patut Terus Berbenah

Anggota Dewan, Dr Mariati dari DPRA asal Partai Aceh (PA) janjikan cetak buku antologi tunggal puisi Hasbi Burman.

Foto | S Paru

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Anggota Dewan, Dr Mariati dari DPRA asal Partai Aceh (PA) janjikan cetak buku antologi tunggal puisi Hasbi Burman (Presiden Rex) tahun 2018 di acara Malam Puisi & Syair Hasbi Burman, Taman Seni dan Budaya Aceh, Minggu (17/12/2017).

Turut hadir para seniman dan budayawan Aceh di lokasi even baca puisi penyair kenamaan asal Aceh Jaya, Calang, Hasbi Burman, antaranya; Din Saja, Moritza, Sarjev, Syekh Gazali, Udin Pelor, Iwan Setiawan, Ampon Nazar dan lainnya.

Selain itu, Mariati, di hadapan hadirin, tamu undangan malam pembacaan puisi-puisi Hasbi Burman juga menyatakan kesanggupan meningkatkan perhatian pihak legeslatif terhadap kesenian sastra di Aceh.

Zulfikar (penyair Aceh) menyambut baik serta merasa bangga dan berterima kasih, malam baca puisi tersebut menjadi momentum bagi Hasbi Burman untuk menerbitkan kumpulan karyanya yang ditunggu publik sastra sejak kiprahnya menulis puisi puluhan tahun silam.

“Harapan saya, semoga antologi puisi Hasbi Burman yang akan dicetak tidak tipis, namun sesuai dengan proses panjang pengkaryaan seorang penyair Hasbi Burman,” ungkap Zoelkirbi panggilan akrabnya di kalangan seniman sastra.

Melalui kegiatan pertunjukan Hasbi Burman tersebut yang turut dihadiri Reza Fahlevi, Kadis Budpar Aceh juga, Dr Mariati juga menyatakan bahwa ia saat ini turut membantu proses penerbitan antologi tunggal puisi milik Penyair Aceh Din Saja.

“Kami sangat bangga terhadap prestasi Din Saja, telah mengharumkan nama Aceh di kancah nasional dalam even Hari Puisi Indonesia memperoleh penghargaan terbaik empat nasional dalam kompetisi antologi puisi, selamat, semoga bisa menjadi penyemangat bagi penyair Aceh lainnya,”  papar Anggota DPRA asal Aceh Jaya tersebut.

De Kemalawati, selaku Kabid. Seni dan Bahasa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) Aceh juga membenarkan informasi yang disampaikan Mariati.

Din Saja dengan bukunya “Hanya Melihat Hanya Mengagumi” bersama tiga buku antologi puisi lainnya meraih penghargaan sebagai empat pemenang terpilih “Hari Puisi Indonesia”.

Pengumuman pemenang buku Hari Puisi Indonesia disampaikan pada “Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia” di Gedung Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (4/10/2017) silam.

“Din Saja adalah pelaku seni yang patut menjadi pemicu bagi sastrawan Aceh lainnya, selamat untuk Din Saja. Semoga pula antologi Hasbi Burman yang segera naik cetak pada tahun depan (2018) bisa turut dan mampu berkompetisi di kancah nasional, itu harapan kita bersama,” papar De Kemalawati yang juga seniman sastra Indonesia.

Peristiwa sastra akhir tahun 2017 ditutup dengan berbagai harapan yang dilontarkan oleh eksekutif maupun legeslatif Aceh. Para penyair Aceh bersiap menuntut realisasi semua itu tahun depan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top