Andhika, Direktur CRRC Raih Gelar Doktor Politik Pendidikan Islam di UIN Ar Raniry

Dr. Andhika Jaya Putra, MA berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis, 26 Agustus 2021.
Dr. Andhika Jaya Putra, MA
Dr. Andhika Jaya Putra, MA saat presentasi promosi gelar doktor. Foto HO/ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Dr. Andhika Jaya Putra, MA berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis, 26 Agustus 2021.

Andika saat ini juga menjabat Direktur CRRC  (Community Rehabilitation and Research Center) yang fokus pada penelitian politik, sosial dan budaya masyarakat Aceh.

Pemuda Asal Kecamatan Ranto Peureulak kabupaten Aceh Timur berhasil mempertahankan penelitian disertasinya dalam sidang terbuka setelah proses perjuangan yang panjang.

Kajian disertasi tentang Transfotmasi Pendidikan Dayah Pasca MoU Helsinky ( sebuah kajian restoratif ) dibimbing oleh dua Guru Besar yaitu Prof. Dr. H. Warul Walidin, AK, MA sebagai promotor utama dan Dr. Saifullah Idris, MA sebagai promotor kedua.

Sidang dipimpin oleh Abuya Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, MA sebagai ketua dan Dr. Yusra Jamali, MA. sebagai sekretaris. Kemudian tim penguji lainnya, Prof. Dr. T. Zulfikar, M. Ed, Dr. Syabuddin Gade, M. Ag. Dr. Gunawan, MA. Dr Ernita Dewi, MA. Dr. Basri Ibrahim, MA.

Dr. Andhika Jaya Putra, MA
Dr. Andhika Jaya Putra, MA usai presentasi promosi gelar doktor. Foto HO/ACEHSATU.com

“Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah SWT, akhirnya saya dapat menyelesaikan Program S3. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dorongan keluarga, dukungan dari berbagai pihak serta motivasi dari para sahabat terdekat. Ucap Dr. Andhika Jaya Putra, MA, atau yang akrab di panggil abu AJP.

Andhika yang saat ini aktif mengajar sebagai Dosen IAIN Langsa juga menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Gender dan Anak ( PSGA) IAIN Langsa  menceritakan bahwa perjuangan dalam meraih gelar doktor memang tidak mudah.

Katanya, perlu perjuangan, pengorbanan dan usaha yang sungguh-sungguh. (*)