oleh

Anda Mengalami Insomnia? Ini Dia Efek dan Solusinya

-Gaya Hidup-80 views

Laporan: Nur Hapni

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Umumnya orang dewasa butuh waktu istirahat selama tujuh hingga delapan jam tiap malamnya, hal ini bertujuan supaya tubuh tetap fit saat melakukan aktivitas keesokan harinya.

Namun, mereka yang mengalami gangguan tidur biasanya akan tidur lebih dari delapan jam atau justru kurang dari tujuh jam tiap malamnya.

Foto: Detiknews.com

Apabila anda mengalami kejadian seperti yang penulis utarakan diatas tadi, pastinya efek buruk akan segera menghampiri.

Gangguan tidur (insomnia) salah satu gangguan psikologis yang bisa dialami oleh semua orang.

Stres, depresi, rasa cemas, gaya hidup tidak sehat, dan pengaruh obat-obatan tertentu, hal ini semua yang menyebabkan anda tidak bisa tidur dengan nyaman.

Akibatnya segala aktivitas akan terhambat, sering mengantuk di siang hari dan bahkan mudah letih.

Oleh karena itu, kita sebaiknya menjaga jam tidur dan juga jangan lupa menjahui hal-hal yang bisa menganggu kenyaman tidur.

Inilah beberapa resiko kesehatan yang akan di alami ketika anda mengindap insomnia:

Pertama. Penuaan, orang yang mengalami gangguan tidur secara terus menerus, biasanya kulitnya terlihat pucat, lingkaran hitam di bawah mata nampak dengan jelas, muncul garis-garis halus pada wajah, dan kulit tidak cerah. Hal itu lah yang menyebabkan penderita akan terlihat lebih tua.

Kedua. Depresi, biasanya Insomnia juga bisa memicu depresi, sementara depresi juga dapat memicu anda menjadi kurang tidur. Hubungan antara depresi dan gangguan tidur sangat erat.

Ketiga. Obesitas (kelebihan berat badan), orang yang mengalami gangguan tidur akan cenderung memiliki nafsu makan dan rasa lapar yang lebih tinggi, makanan yang di konsumsi tengah malam akan menambah kadar lemak dan karbohidrat yang tinggi. Dengan demikian, tubuh terasa lelah sehingga malas olahraga.

Keempat. Daya ingat menurun, jika tidur kita nyenyak memori ingatan akan sangat kuat. Namun Jika anda mengalami gangguan tidur, maka otak akan susah merespon dan biasanya akan cepat lupa. Intinya insomnia akan membuat kualitas dan kuantitas konsentrasi ingatan berkurang, akibatnya anda sulit untuk mengolah informasi dan mengingat suatu hal.

Ingat, insomnia yang berkesinambungan akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh anda.

Akan tetapi, insomnia bisa di atasi bila kita mengamalkan apa yang dikerjakan nabi saat hendak tidur, ini dia beberapa hal yang dilakukan nabi ketika hendak mengistirahatkan badannya:

Pertama. Mengosok gigi (bersiwak), mencuci kaki dan muka, serta tidak lupa pula mengambil wudhu, hal ini dilakukan supaya  kuman-kuman yang ada pada anggota tubuh anda ketika melakukan aktivitas sebelum tidur tadi dapat di hilang, tidak hanya itu anda juga akan tertidur dalam keadaan suci. Seperti sabda Rasulullah SAW:

Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR. Bukhari)

Kedua. Nabi juga sering membersihkan tempat tidur sebelum beristirahat, hal ini bertujuan agar terlindungi dari binatang-binatang kecil yang terdapat pada tempat tidur, alangkah baiknya jika anda menerapkannya.

Ketiga. Tidurlah menghadap kiblat, atau posisi tidur miring ke arah kanan.

Kempat. Baca doa tidur, seperti ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-nas

Keempat. Matikan lampu, nabi mensunahkan untuk mematikan lampu saat tidur. Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, Nabi SAW bersabda:

Janganlah biarkan api (lampu) di rumah kalian (menyala) ketika kalian sedang tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keempat. Maafkan siapapun yang menyakiti anda dan berfikir tenanglah.

Sebaik-baiknya tempat tidur adalah sarana istirahat yang nyaman, ternyata pola tidur nabi Muhammad SAW adalah cara tidur yang tepat bagi anda penderita insomnia.

Karena dalam islam semua hal tentang kehidupan ada pedomannya untuk kita, mulai dari bangun tidur, sampai tidur kembali.

Bagi anda yang belum mencoba silahkan terapkan pola hidup sehat ini, Insya Allah Insomnia teratasi dan tidurpun nyenyak kembali. (*)

Komentar

Indeks Berita