Anda Belum Divaksin? Ketahui, Vaksin Jenis Ini Hanya Diberikan Pada Anak Usia 11 Tahun ke Bawah

Bagi Anda yang belum memperoleh vaksinasi, penting mengetahui vaksin jenis apa yang cocok menangkal covid berdasarkan usia.
Vaksin
ILUSTRASI - Vksin Covid. | Foto: Ridofranz/Getty Images

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Pemerintah kian gencar menerapkan vaksinasi ke seluruh warga di Indonesia. Hal ini untuk mencegah gelombang Covid yang dapat merugikan warga sendiri.

Bagi Anda yang belum memperoleh vaksinasi, penting mengetahui vaksin jenis apa yang cocok menangkal covid berdasarkan usia. Sebab, pemerintah telah menentukan jika vaksin jenis tertentu hanya diberikan pada anak usia 11 tahun ke bawah.

Kementerian Kesehatan memastikan bahwa vaksin Sinovac hanya diberikan untuk program vaksinasi Covid-19 khusus anak usia 6-11 tahun, dan untuk melengkapi vaksinasi dosis ke 2 usia 12 tahun ke atas.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor SR02.06/II/266/2022 tentang Tindak Lanjut Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun dan Penggunaan Vaksin Sinovac.

BACA JUGA: Sejarah Pilu Hari Ini, KMP Gurita Tenggelam Tiga Hari Menjelang Puasa 19 Januari

“Sehingga pemberian dosis pertama vaksinasi primer di luar usia anak tidak diperbolehkan menggunakan vaksin sinovac,” jelas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dikutip laman covid19.go.id, Rabu (19/1/2022).

ILUSTRASI – Vaksinasi terhadap anak usia 11 tahun ke bawah. | Foto: CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki

Melalui SE tersebut, maka vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota.

Adapun prosedur pelaksanaan vaksinasi anak mengacu pada standar yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01/07/MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6 Sampai Dengan 11 Tahun.

Surat Edaran ini ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Seluruh Indonesia, Kapuskes TNI, Kapusdokes Polri, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. (*)