Anak Usaha BUMI Incar Tambang Emas di Aceh

Tambang Emas di Aceh masih sangat menjanjikan bagi investasi perusahaan tambang.
Tambang Emas di Aceh
Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra

Tambang Emas di Aceh

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Tambang Emas di Aceh masih sangat menjanjikan bagi investasi perusahaan tambang.

Terbaru, anak usaha PT Bumi Resource Tbk (BUMI), PT Darma Henwa Tbk (DEWA) mengumumkan telah mengakuisisi 99,90% saham perusahaan PT Sabina Mahardika (SM).

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), disebutkan penandatanganan perjanjian jual beli saham dilakukan pada tanggal 16 Desember 2020.

“Pada tanggal 16 Desember 2020 PT Darma Henwa Tbk (Perseroan) mengakuisisi 99,90% saham perusahaan PT Sabina Mahardika (SM),” bunyi keterangan tersebut dikutip detikcom, Jumat (15/1/2021).

Sabina Mahardika disebutkan memiliki proyek potensial tambang emas dan mineral di Aceh secara tidak langsung.

Tujuan akuisisi dilakukan guna mendiversifikasi jenis usaha perseroan.

“Proses akuisisi SM yang secara tidak langsung memiliki proyek potensial tambang emas dan mineral di Provinsi Aceh ini dilakukan sebagai salah satu upaya Perseroan dalam ekspansi dan diversifikasi usahanya untuk dapat meningkatkan nilai tambah Perseroan di masa yang akan datang,” ucapnya.

Tambang Emas di Aceh
Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra

Sayangnya, perseroan tidak merinci berapa nilai yang disepakati kedua perusahaan atas akuisisi tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa emiten yang berkode saham DEWA itu akan melakukan penambahan modal sebanyak 5,87 miliar saham.

Dilansir CNBC Indonesia, mengacu prospektus yang disampaikan manajemen DEWA, nantinya private placement itu diterbitkan sebagai saham biasa seri B dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 60 per saham.

Dengan demikian, dari aksi korporasi itu, anak usaha BUMI berpotensi meraih dana sebesar Rp 352,24 miliar atau setara US$ 23,80 juta. (*)

Sumber: detikFincance