Amma Spot Coffee , Manual Brew V60 Terbaik di Kota Langsa

Salah satu coffeeshop terbaik di Kota Langsa
Amma Spot Coffee
Foto Meja Bar Amma Spot Coffee

Apabila kita melakukan perjalanan dari Medan menuju Banda Aceh salah satu kota yang akan kita lalui adalah kota Langsa, setelah kita melewati Aceh Tamiang. Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keberadaan komoditas kopinya yaitu Kopi Gayo yang merupakan varietas Arabika. Dan kalau anda sudah tiba di Langsa sayang rasanya kalau tidak mampir ke Coffeeshop satu ini.

interior Amma Spot Coffee dengan dekorasi koleksi Action Figure

Amma Spot Coffee berlokasi di jalan Jendral Achmad Yani (lintas Medan – Aceh) di gampong Bireum Puntong, kecamatan Langsa Baro. Beberapa puluh meter sebelum tugu Simpang Comodore dan persis di samping Bakso Nurul yang terkenal di Langsa. Posisinya sangat strategis di pinggir jalan, dan karena bersebelahan dengan Bakso Nurul kita juga bisa memesan semua menu yang ada disana. Kebetulan barista dari Coffeeshop ini adalah anak dan menantu dari pemilik warung Bakso Nurul.

Budaya meminum kopi sendiri di Aceh khususnya Langsa tidak berbeda jauh dengan tempat ngopi lain di seantero Aceh. Tetapi venue yang mengusung konsep kopi shop urban yang mengedepankan penyajian yang terstandarisasi, belum banyak ditemukan di Aceh. Selain menu kopi, satu – satunya menu non kopi adalah milkshake yang mana bahannya yaitu susu memang banyak digunakan di menu kopi yang menggunakan kombinasi susu didalamnya. Menu andalan Amma Spot Coffee sendiri adalah Sarbini (Sanger Arabika Mini) , Fussion Coffee (Kopi Lemon) , Caramel Machiato dan tentunya Manual Brew V60 dengan biji kopi yang bisa kita pilih.

Barista Amma Spot Coffee Juara Kompetisi

Jika kita tiba di Amma Spot Coffee di atas rak dekat meja kasir kita dapat melihat 2 buah piala kompetisi barista tingkat nasional di Takengon dan saat tim Acehsatu konfirmasi, sang barista yaitu bang Tomi membenarkan hal tersebut. Artinya di level kompetisi nasional kualitas kopi yang disajikan disini, terutama menu V60 sudah teruji.

V60 Arabika Gayo
Manual brew dengan metode pour over / V60

Metode V60 adalah penyajian kopi dengan cara manual / manual brew yang penyajiannya dilakukan dengan pour over atau penyiraman dari atas ke bubuk kopi yang ditaruh pada saringan khusus, sehingga kopi yang dihasilkan relatif jernih / tidak gelap pekat. Kopi V60 yang benar diminum tanpa ditambahkan lagi gula, agar mendapatkan cita rasa kopi yang utuh. Selain itu after taste dari penyajian dengan metode V60 ini juga menyisakan rasa manis di mulut.

Sabar Seperti Petani Menunggu Panen Kopi

Ratomihamdika, Barista Amma Spot Coffee

Adalah cara barista di Amma Spot Coffee menyampaikan pesan tersirat agar pelanggan yang tiba bisa dengan sabar menanti kopi disajikan.

Instagram Amma Spot Coffee

Summary

Untuk lebih jelas bisa dilihat di seluruh kanal media sosial Amma Spot Coffee dan untuk menuju lokasi ini pun cukup relatif mudah dijangkau serta bisa dibantu diarahkan dengan aplikasi Google Maps dan sejenisnya. Mari lestarikan kopi Aceh Gayo !