Nanggroe

Aktivis Perempuan Aceh: Samakan Ratna dengan Cut Nyak Dien Merendahkan Derajat Pahlawan

Namun, setelah Ratna mengakui kebohongannya, Hanum sudah menghapus video tersebut. Dia kemudian menyampaikan permohonan maaf.

FOTO | FACEBOOK

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Aktivis Perempuan Aceh memprotes ucapan Hanum Salsabila Rais yang menyamakan Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dien. Bagi masyarakat Aceh, sosok pahlawan nasional tersebut sangat dihormati.

“Tindakan Hanum menyamakan atau (mengibaratkan) Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dien sama saja merendahkan derajat pahlawan nasional asal Aceh tersebut. Cut Nyak Dien sangat dihormati dan diayomi oleh rakyat Aceh dan rakyat Indonesia,” kata aktivis perempuan Aceh, Asiah Uzia, dalam keterangan tertulis yang diterima ACEHSATU.com, Jumat (5/10/2018).

Asiah menilai tindakan Hanum menyebut Ratna Sarumpaet sebagai sosok Cut Nyak Dien masa kini telah melahirkan pencemaran nama baik pahlawan nasional tersebut. Asiah meminta Hanum menghayati perjuangan besar yang telah dilakukan Cut Nyak Dien untuk kemerdekaan Indonesia.

BACA: BREAKING NEWS: Dijerat Pasal Keonaran, Ratna Sarumpaet Terancam 10 Tahun Bui

“Sehingga tidak dengan mudah mempolitisasinya hanya untuk kepentingan sesaat,” tegasnya.

Selain itu, Asiah menuntut Hanum secara terbuka mencabut pernyataannya.

“Dan meminta maaf kepada rakyat Aceh. Semoga ini bisa bermanfaat untuk kemajuan peradaban Indonesia dan Aceh,” jelasnya.

Seperti diketahui, Hanum Rais menyebut Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dien dan Kartini masa kini.

BACA: Ratna Sarumpet Gunakan Dana Korban Danau Toba untuk Operasi Plastik?

Pernyataan itu disampaikan Hanum sambil memeluk Ratna, yang diduga jadi korban penganiayaan. Video pertanyaan itu beredar di media sosial.

Namun, setelah Ratna mengakui kebohongannya, Hanum sudah menghapus video tersebut. Dia kemudian menyampaikan permohonan maaf.

“Saya secara pribadi mohon maaf atas kecerobohan dalam mengunggah berita meski telah bertabayyun pada ibu Ratna S langsung, hingga pada akhirnya yang bersangkutan telah mengaku berbohong,” tulis Hanum di akun Twitter resminya, @hanumrais. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top