Aksi Demo di Dishub, Massa Sorot Pembelian KMP Aceh Hebat

Massa yang tergabung dalam Gerakan Aceh Hebat (GAH) menggelar aksi protes terhadap pembelian KMP Aceh Hebat, Kamis (25/2/2021).
KMP Aceh Hebat
Foto Istimewa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Massa yang tergabung dalam Gerakan Aceh Hebat (GAH) menggelar aksi protes terhadap pembelian Kapal Aceh Hebat, Kamis (25/2/2021).

GAH menuding pembelian KMP Aceh Hebat terindikasi korupsi. Mereka menuding bila tiga unit kapal Aceh hebat dibangun dari kapal bekas pakai.

Pendeemo yang hanya berjumlah 10 orang itu berdemo di Dinas Perhubungan Aceh.

Sebagaimana diketahui, Kapal Aceh Hebat 1, 2 dan 3 merupakan salah satu dari tiga kapal roro yang dipesan Pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau.

Tiga kapal itu yakni, KMP Aceh Hebat 1 (1.300 GT) akan melayari lintas barat ke Pulau Simeulue, Aceh Hebat 2 (1.100 GT) melayari Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan KMP Aceh Hebat 3 (600 GT) akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Koordinator lapangan (Korlap) GAH, Erizal, mengatakan, pembelian kapal tersebut dianggap tidak wajar.

“Kami mengira bahwa pembelian kapal tersebut mark up. Tiga kapal yang dibeli dalam rentang 10 bulan, menurut kami bukan hal yang masuk akal,” ucapnya.

KMP Aceh Hebat
Foto Istimewa

“Kami juga menduga bahwa kapal Aceh Hebat itu dibeli oleh Pemerintah Aceh berupa barang bekas,” tambahnya.

Untuk itu GAH mendesak Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan untuk mempublikasikan spesifikasi dan anggaran pembelian KMP Aceh hebat 1, 2, dan 3.

GAH juga mendesak Kejaksaan Tinggi Aceh dan Kapolda Aceh untuk memeriksa proses awal pengadaan KMP Aceh Hebat 1, 2, dan 3.

Setelah menyampaikan tuntutannya, Dinas Perhubungan merespon aksi tersebut dengan menerima audiensi yang diikuti oleh beberapa perwakilan dari GAH.

Dalam audiensi tersebut, Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan, Muhammad Alkadri, mengatakan, aksi demo tersebut merupakan sebagai koreksi bagi Pemerintah Aceh. (*)