Akibat Tergerus Erosi, 500 Meter Tebing Sungai di Pedalaman Aceh Barat Longsor

selain menggerus tanah dan kebun masyarakat, gerusan erosi di daerah tersebut juga mengancam akses jalan karena jarak antara terjangan erosi dengan badan jalan sudah sangat dekat.
500 meter tebing sungai di pedalaman Aceh Barat tergerus erosi
Erosi tebing sungai mengancam tanah kebun dan pertanian milik masyarakat di Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (6/8/2022). (ANTARA/HO)

ACEHSATU.COM | Meulaboh – Akibat tergerus erosi, 500 meter tebing sungai di pedalaman Aceh Barat longsor.

Sepanjang 500 meter tebing sungai di sepanjang aliran sungai di Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat kini tergerus erosi.

Kepala Seksi Pelayanan Kantor Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, Ansari, mengatakan, dampak gerusan erosi tersebut telah menyebabkan tanah kebun milik masyarakat di daerah tersebut rusak.

“Masyarakat sangat terdampak dengan gerusan erosi ini,” kata Ansari.

Ansari juga mengatakan, selain menggerus tanah dan kebun masyarakat, gerusan erosi di daerah tersebut juga mengancam akses jalan karena jarak antara terjangan erosi dengan badan jalan sudah sangat dekat.

Oleh karena itu, pihkanya berharap gerusan erosi sungai yang terjadi diharapkan dapat segera mendapatkan penanganan serius dari intansi terkait.