Akibat Erosi, 15 Rumah di Pulau Tiga Terancam Amblas Ke Sungai

Sebanyak 15 rumah di Lorong Tempel, Dusun Jaya lintasan Kampung, Perkebunan Pulau, Kecamatan Pulau Tiga terancam ambruk ke Sungai Pulau tiga akibat erosi terus menghantam tebing sungai.
Foto. Ilustrasi

Laporan Muhammad Nasir, Aceh Tamiang

ACEHSATU.COM, PULAU TIGA – Sebanyak 15 rumah di Lorong Tempel, Dusun Jaya lintasan Kampung, Perkebunan Pulau, Kecamatan Pulau Tiga terancam ambruk ke Sungai Pulau tiga akibat erosi terus menghantam tebing sungai.

Kondisi ini sudah berlangsung lama namun belum ada penanganan dari pemerintah sehingga warga khawatir karena dibelakang rumah mereka langsung aliran sungai.

Datok Penghulu Kampung Perkebunan Pulau Tiga, Miswandi kepada wartawan, Rabu ((30/9/2020)  mengatakan, saat ini 15 rumah warga yang terancam amblas ke dalam sungai karena erosi yang terjadi cukup parah beberapa tahun belakangan ini.

Pihaknya kata Datok, telah melaporkan kondisi ini kepada pemerintah bahkan sejak tahun 2018 sudah mengusulkan proposal pembangunan tebing sungai yang ambruk akibat terkikis erosi. 

“Sudah tiga kali proposal kita ajukan agar masuk dalam prioritaskan pembangunan melalui Musrenbang kecamatan hingga ke kabupaten namun sampai saat ini belum terealisasi,” ujar Datok. 

Bahkan pihak BPBD Aceh, telah meninjau langsung ke lapangan namun sampai saat ini belum juga teralisasi mungkin karena dampak pandemi Covid-19 anggaran di potong

“Kita paham kondisi  saat ini, Covid-19 namun pihaknya berharap  kondisi erosi Sungai Pulau Tiga nantinya menjadi prioritas perhatian pemerintah agar seegra dibangun talud di tebing sungai ini sehingga 15 rumah warga ini selamat dari ancaman erosi,” Pungkas Datok Penghulu Kampung Perkebunan Pulau Tiga, Miswandi. (*)