Akhirnya Trump Pakai Masker di Depan Publik

ACEHSATU.COM | WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampak menggunakan masker di depan umum untuk pertama kalinya. Trump sempat mendapatkan tekanan kuat untuk memberikan contoh kesehatan masyarakat ketika virus Corona (COVID-19) mewabah di seluruh AS.

Seperti dilansir detikcom dari kantor berita AFP, Minggu (12/7/2020), Trump mengenakan masker warna hitam ketika ia berjalan melalui koridor rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington, Sabtu (11/7), untuk bertemu dengan para veteran yang terluka, menurut rekaman berita televisi.

Trump sebelumnya tak pernah terlihat di depan umum mengenakan masker selama pandemi virus Corona, ia mengatakan bahwa dirinya “tidak punya masalah” soal memakai masker. Dia pun kembali menegaskan keyakinannya bahwa penularan virus ini akan “menghilang”.

Tetapi seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (2/7), Trump menambahkan: “Biasanya saya tidak dalam posisi itu.”

“Jika saya berada dalam situasi yang rapat dengan orang-orang, saya pastinya akan melakukan itu (memakai masker),” kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox Business, seiring banyak negara bagian AS mencatat lonjakan tajam jumlah kasus-kasus baru infeksi Corona.

Trump menekankan bahwa sebagian besar orang yang dilihatnya di Gedung Putih telah dites COVID-19 sebelum melakukan kontak dengannya.

“Saya tak masalah dengan masker — saya pikir masker itu baik,” ujar Trump, seraya menambahkan keraguannya tentang apakah penutup wajah perlu diwajibkan secara nasional untuk mengendalikan penyebaran virus mematikan ini.

“Anda memiliki banyak tempat di negara ini di mana orang-orang tinggal sangat jauh dari satu sama lain,” ujarnya.

Trump pun mengatakan bahwa dirinya yakin virus Corona ini akan hilang begitu saja.

“Saya pikir, pada titik tertentu, itu akan hilang begitu saja, saya harap,” katanya. (*)