Ajak Warga Patuh Protokol Kesehatan, Dirlantas Polda Aceh Bagikan 1.000 Masker Gratis di Simpang Lima Banda Aceh

Pengguna jalan diminta patuhi protokol kesehatan menggunakan alat pelindung diri
Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH saat membagikan masker kepada pengguna jalan di Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (10/8/2020). | Foto for ACEHSATU.COM

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh membagikan 1.000 masker Merah Putih kepada para pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker di Simpang Lima, kota Banda Aceh, Senin (10/8/2020).

Selain dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, kegiatan pembagian masker gratis ini juga bertujuan sebagai upaya mengantisipasi bertambahnya jumlah korban yang disebabkan Coronavirus Disease (Covid-19).

Polisi mengimbau dan mengajak warga mematuhi penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH pada kesempatan pembagian masker, mengingatkan seluruh pengguna jalan untuk mematuhi penerapan protokol kesehatan saat berkendara di jalan raya.

Dia juga mengimbau kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker sebagai upaya penyebaran Covid-19 dan penambahan korban akibat virus tersebut dapat dicegah.

Dalam kegiatan pembagian masker, Dirlantas Polda Aceh menurunkan sekitar 50 personil yang ditugaskan melayani sekaligus memberikan imbauan kepada para pengguna jalan yang melintas.

Kurang kesadaran

Pembagian masker ini disebabkan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker saat mengendarai kendaraan bermotor.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan saat pembagian masker, masyarakat yang menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor masih di bawah 50 persen.

Rata-rata pengguna jalan lebih banyak yang tidak menggunakan alat pelindung diri dari paparan corona, virus mematikan asal Kota Wuhan, China itu.

Hal ini sekaligus menandakan penerapan protokol kesehatan di Aceh belum berjalan maksimal.

Pengguna jalan beralasan tidak terbiasa membawa masker.

“Lupa bawa masker,” kata salah satu pengendara sepeda motor saat petugas membagikan masker. (*)