AirAsia Respons Surat Gubernur Aceh dan Membuka Rute Blangbintang-Kualanamu

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Teuku Faisal yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu menjelaskan pembukaan rute baru itu merupakan tidak lanjut pihak AirAsia terhadap surat Gubernur Aceh Nova Iriansyah tanggal 14 April
Pesawat AirAsia Malaysia mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, pada Jumat
Maskapai penerbangan AirAsia mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Jumat

ACEHSATU.COM | Banda Aceh – AirAsia Respons Surat Gubernur Aceh dan membuka rute Blangbintang – Kualanamu.

Pihak manajemen maskapai AirAsia mengumumkan rencana pembukaan rute penerbangan Blangbintang- Kualanamu Pulang Pergi dan armada swasta tersebut akan terbang perdana dijadwalkan  pada  3 Juni 2022. 

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Teuku Faisal yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu menjelaskan pembukaan rute baru itu merupakan tidak lanjut pihak AirAsia terhadap surat Gubernur Aceh Nova Iriansyah tanggal 14 April yang berisi permohonan agar dilayani kembali rute Banda Aceh – Medan. 

“Alhamdulillah pihak AirAsia telah merespon dengan cukup baik surat Gubernur Aceh terkait pelayanan kembali rute Banda Aceh – Medan,” kata Faisal di Banda Aceh. 

Sesuai penjelasan pihak AirAsia, Teuku Faisal menjelaskan  tahap pengenalan AirAsia akan melayani rute Banda Aceh – Kualanamu tiga kali seminggu setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang. 

Sementara itu,  Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Gubernur Aceh untuk membuka layanan penerbangan di rute Banda Aceh-Kualanamu, beberapa waktu lalu. 

Pembukaan rute Banda Aceh – Kualanamu PP ini disebut sejalan dengan rencana pengembangan operasional AirAsia untuk rute domestik, sekaligus untuk meningkatkan utilitas pesawat yang berada di pusat operasi (hub) Kualanamu agar lebih optimal. 

“Pihak AirAsia juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan mereka akan menambah frekuensi atau mengoperasikan rute lainnya sesuai dengan permintaan masyarakat di Aceh atau Sumatera Utara nantinya,” kata Faisal. 

Sebelumnya Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati AirAsia pada 14 April 2022 untuk meminta dilayani kembali rute Banda Aceh – Medan.

Dalam surat itu disebutkan  minat masyarakat Aceh dalam menggunakan transportasi udara menunjukkan trend yang semakin positif.

Namun kondisi itu dihadapkan pada terbatasnya frekuensi dan maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.