Ada Angin Sejuk dari Amerika Serikat-China, Apa Itu?

ACEHSATU.COM – Amerika Serikat (AS) dan China dikabarkan akan bertemu. Sebagaimana ditulis AFP Selasa (16/6/2020), akan ada pertemuan tingkat menteri, yang berlangsung di Hawai 17 Juni besok.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan berdiskusi dengan pejabat tinggi China di Hawai, AS. Ini adalah pertemuan pertama kedua perwakilan negara setelah ketegangan terus terjadi karena asal usul Covid-19 dan Hong Kong.

Mengutip South China Morning Post, sebuah sumber mengatakan pejabat yang ditemui adalah pejabat senior kebijakan luar negeri China Yang Jienchi. CNN International mengatakan pertemuan berlangsung di Pangkalan Angkatan udara Hickam, dekat Pearl Harbor.

Meski demikian, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari AS. Juru Bicara Kemenlu China Zhao Lijian mengatakan jika memang ada tentu akan banyak informasi bisa dibagikan.

“Lebih banyak informasi akan diberikan jika tersedia,” ujarnya dilansir The Global Times seraya mengatakan bahwa kedua negara tetap menjaga komunikasi diplomatik yang ada.

Pertemuan terakhir AS dan China terjalin Januari 2020 lalu. Saat itu Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri China Liu He bertemu membahas perdagangan keduanya.

Namun sejak Covid-19 menjadi pandemi global, keduanya saling bersitegang karena asal usul corona. AS juga sempat berujar akan memutus hubungan dengan negeri Tirai Bambu.

Belum lagi soal Hong Kong dan Taiwan. Kedua negara juga bermasalah terkait etnis Uighur dan keberadaan China di Laut China Selatan. (*)