Ada 500 Pengungsi Rohingya Sedang Menuju Aceh, Ini Kata Direktur Polairud

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH  — Sedikitnya 500 pengungsi Rohingya yang bertolak dari Myanmar menggunakan 2 kapal dikabarkan sedang berada di laut lepas dalam perjalanan mereka di jalur Selat Malaka.

Informasi ini dideteksi oleh Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Aceh, Rabu (14/5/2020).

500 imigran Rohingya tersebut dikabarkan bergerak dari Myanmar menuju Malaysia sejak beberapa pekan ini.emm

“Kami mendeteksi ada sekita 500 orang dari Myanmar (Rohingya) bergerak  menuju Malaysia menggunakan 2 kapal motor. Ini berdasarkan informasi dari satgas 125 PPLN Menko Pohulkam,” kata Direktur Polairud, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro kepada wartawan di Band Aceh, Rabu malam.

Disebutkan, meski tujuan para pengungsi itu Malaysia, namun tidak tertutup kemungkinan mereka akan singgah di Indonesia, terutama wilayah Provinsi Aceh.

“Negara kita tidak meratifikasi masalah pengungsi, sehingga apabila pengungsi tersebut sampai ke Indonesia akan membuat masalah baru, apalagi dalam situasi wabah Covid-19 ini,” kata Jemmy.

Karena itu, ia sudah mengintruksikan kepada seluruh jajaran Polairud Polda Aceh dan Satuan Polairud Polres jajaran Polda Aceh supaya meningkatkan kegiatan patroli laut untuk mengantisipasi masuknya 500 imigran tersebut.

Pihaknya, kata Jemmy, akan membantu keperluan jika dibutuhkan, tapi  setelah itu para imigran harus kembali melanjutkan pelayarannya.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut membantu kepolisian dalam memantau indikasi masuknya pengungsi dari Myanmar,” pungkas Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro. (*)