Aceh Utara

Aceh Utara Peringati Milad GAM ke-41 Jadi Momentum Pemuda dan Masyarakat Refleksi Nilai Perjuangan

Bangsa Aceh agar terus menguatkan barisan dalam memperjuangkan hak-hak Aceh dinegerinya sendiri.

Foto | Muhrain

ACEHSATU.COM | ACEH UTARA – Dilaksanakan oleh masyarakat di Aceh Utara tepatnya Kecamatan Dewantara, Desa Tambon Teunong, Sagoe Bujang Salem, Milad GAM ke-41 berlangsung meriah dihadiri tokoh-tokoh mantan GAM dari DPRA maupun DPRK setempat, Senin (4/12/2017).

Selain turut dihadiri Azhari Cage, DPRA Propinsi Aceh, di lokasi Milad juga terlihat anggota DPRK Aceh Utara, antaranya; H Anwar Sanusi S Pdi M Sn, Tgk Zunaidi, Dahlan Ilyas. Turut pula hadir tokoh ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Transformasi politik sangat penting terkait sejarah gerakan perjuangan GAM kepada kaum pemuda Aceh serta masyarakat luas sebagai refleksi Milad kali ini, ungkap anggota DPRK Aceh Utara Tgk Zunaidi.

Melalui Milad GAM ke-41 menjadi agenda sosialisasi kembali kepada Bangsa Aceh agar terus menguatkan barisan dalam memperjuangkan hak-hak Aceh di negerinya sendiri.

“Harapan kita di Milad GAM ke-41 dapat menyatukan semua orang-orang Aceh baik di daerah maupun di luar Aceh untuk memperjuangkan kesejahteraan Aceh lebih maju,” ungkapnya.

Azhari Cage selaku Anggota DPRA Propinsi Aceh menyatakan bahwa momentum peringatan 4 Desember membuktikan bahwa kita berasal dari peristiwa 4 Desember, karenanya jangan pernah lupakan sejarah.

Milad GAM di samping mengirim doa kepada syuhada pejuang Aceh, juga menyantuni anak yatim piatu Aceh, serta mengingat sejarah kelam yang pernah terjadi di Aceh sebagai refleksi serta rasa syukur atas kedamaian yang telah dinikmati Aceh.

“Jangan pernah lupakan sejarah, bahwa kita berasal dari 4 Desember, jika tidak ada awal perjuangan maka kita tidaklah ada hasilnya sebagaimana saat ini ada yang telah menjadi anggota legeslatif, eksekutif dan lainnya dari mantan pejuang GAM,” ungkap Azhari Cage.

Tgk Syam selaku panitia saat ditemui oleh ACEHSATU.COM disela-sela acara menjelaskan bahwa kali ini kegiatan Milad GAM bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, sehingga jumlah yang hadir dari unsur pemuda maupun masyarakat menjadi terbelah. Namun tetap berjalan lancar keduanya.

Mewakili pemuda Desa Tambon Teunong, T Rizki Safrizal S Pd yang juga Anggota Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh Propinsi Aceh menyambut baik kegiatan Milad GAM ke-41.

“Damai saat ini turut diraih atas segenap perjuangan masyarakat Aceh yang ikut tergabung bersama GAM sejak 41 (empat puluh satu) tahun silam.  Karenanya pemuda Aceh harus paham sejarah sehingga mampu untuk terus konsisten lanjutkan perjuangan bangsa Aceh di masa depan” ungkap Rizki.

Momen Milad GAM bagi pemuda Aceh sepatutnya dapat menjadikan  para tokoh GAM yang telah syahid maupun yang masih hidup sebagai panutan, sebab termasuk dari usaha mulia merekalah akhirnya bersama seluruh komponen masyarakat bangsa Aceh kini damai dan menuju sejahtera dengan bermartabat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top