oleh

Aceh Tengah Menuju Kabupaten Layak Anak

Aceh Tengah Menuju Kabupaten Layak Anak

ACEHSATU.COM | TAKENGON – Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan akan terus berkomitmen mewujudkan daerah yang dipimpinnya menuju kabupaten layak terhadap anak.

Sebagai pembuktian, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah saat ini bahkan tengah menggodok konsep kebijakan mewujudkan tujuan tersebut.

Bupati Shabela Abubakar dalam forum diskusi  Rencana Aksi Daerah di Oproom Setdakab setempat, Selasa (28/7/2020) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan terus menunjukkan komitmen untuk mewujudkan konsep dan kebijakan guna mempercepat pencapaian menuju kabupaten layak anak.

Gagasan itu sendiri telah dimulai sejak 8 Oktober 2019 lalu melalui peluncuran atau deklarasi bersama seluruh pihak terkait di Aceh Tengah.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) generasi penerus di Aceh tengaha yang berkualitas dan cemerlang.

Shabela menuturkan, komitmen tersebut akan diwujudkan melalui berbagai program pembangunan yang terfokus pada perlindungan serta penyediaan sarana dan prasarana bagi anak.

“Di antaranya dengan membangun ruang terbuka hijau yang didukung dengan fasilitas bermain anak di beberapa titik di Kota Takengon,” katanya.

Sementara untuk pelayanan publik berbasis perlindungan hak-hak anak, Shabela mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat keputusan tentang penunjukan/ penetapan sekolah/ madrasah, Puskesmas, kampung pelaksana pelayanan berbasis pemenuhan dan perlindungan anak di Kabupaten Aceh Tengah.

Dia berharap, forum diskusi yang digelar akan tersusun rencana aksi daerah yang terpadu dan holistik dalam mewujudkan Aceh Tengah sebagai kabupaten layak anak.

Dia juga meminta partisipasi dan dukungan seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan Aceh Tengah sebagai kabupaten layak anak.

“Mari bersama-sama bersinergi mewujudkan Kabupaten Aceh Tengah menjadi kabupaten layak anak yang akan berimplikasi besar terhadap kualitas SDM generasi penerus yang cemerlang,” kata Bupati Shabela Abubakar. (*)

Indeks Berita