Aceh Tamiang Simulasi Tanda Tangan Elektronik, Begini Penjelasannya

Tanda tangan elektronik (TTE) nantinya dapat mempersingkat waktu dan menghemat banyak sumber daya,” Kadis Kominsa Aceh Tamiang, Bastian
simulasi TTE
Pemkab Aceh Tamiang lakukan simulasi penggunaan aplikasi tanda tangan elektronik. Senin (8/8/2022) acehsatu.com/nasir

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG –  Aceh Tamiang mulai melakukan simulasi penggunaan tanda tangan elektonik (TTE) di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang yang bertujuan mempersingkat proses administrasi berkas atau surat dinas.

Aplikasi tanda tangan elekktronik ini di buat Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang.

Tanda tangan elektronik nantinya akan mempersingkatkan waktu birokrasi dibandingkan pola konvensional yang saat ini sedang berjalan.

Kepala Dinas Kominsa, Bastian dalam pemaparannya mengatakan, selama ini kita mempraktikkan penandatanganan konvensional sehingga harus melewati banyak tahapan seperti mencetak dokumen, menandatangi dengan pulpen, memindai dokumen, dan kemudian mengirimkan dokumen kembali melalui caraka

“Namun dengan TTE nantinya dapat mempersingkat waktu dan menghemat banyak sumber daya,”  ujar Bastian.

Baca : Tamiang Latih 200 Guru Cakap Digital

Dalam penerapan TTE ini aplikasian tanda tangan digital ini hanya melewati tiga tingkatan, dimulai dari operator, pemaraf dan juga penandatangan dan dapat di akses melalui google dengan link tte.acehtamiangkab.go.id.

“Sementara dalam mengaksesnya bisa dilakukan melalui google dengan link tte.acehtamiangkab.go.id. Nantinya, masing-masing Kepala OPD akan dibuatkan aku pengguna dan kata kuncinya,” jelas Bastian.

simulasi TTE
Pemkab Aceh Tamiang lakukan simulasi penggunaan aplikasi tanda tangan elektronik. Senin (8/8/2022) acehsatu.com/nasir

Dalam simulasi tersebut hadir Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah dan para Asisten Setdakab.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang, Mursil menyarankan agar lebih meringkas prosedur tanda tangan digital tersebut seperti dapat digunakan di hand phone dam masuk notifikasinya.

Baca : Dapat Penghargaan Kadis Terbaik Pemkab Aceh Tamiang, Ini Presetasi Mix Donal

“Saya sarankan bisa kita munculkan aplikasi tersebut di ponsel Android seperti aplikasi whatsapp dan lainnya, sehingga lebih mudah dan ringkas. Jadi jika ada dokumen yang perlu ditandatangani ada masuk notifikasinya, kalau menggunakan server dari google, kita tidak akan tau kalau tidak membuka akunnya”, saran Bupati.

Bupati berharap aplikasi tanda tangan digital tersebut segera terealisasi dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh OPD dalam Lingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

“Kadis Kominsa agar dapat membuat terobosan TTE ini  lebih singkat dan ringkas sehingga lebih mudah diakses,” demikian Bupati Aceh Tamiang Mursil (*)