Aceh Perpanjang Vaksinasi Massal Sampai 31 Juli

Karena masih tingginya animo masyarakat Aceh untuk melakukan vaksinas, Pemerintah Aceh untuk kesekian kalinya kembali memperpanjang jadwal vaksinasi massal Covid-19.
Vaksin
Dins Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang melakukan vaksinasi serentak untuk manula dan perangkat desa serta kader kampung di seluruh Pukesmas di 12 Kecamatan. Kamis (3/6/2021) acehsatu.com/muhammad Nasir

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Karena masih tingginya animo masyarakat Aceh untuk melakukan vaksinas, Pemerintah Aceh untuk kesekian kalinya kembali memperpanjang jadwal vaksinasi massal Covid-19.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, Selasa (13/7/2021) mengatakan, Pemerintah Aceh kembali memperpanjang jadwal vaksinasi massal hingga 31 Juli 2021.

“Melihat antusiasme masyarakat kian tinggi, Gubernur melalui Sekda menugaskan tim vaksinator untuk terus melanjutkan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat Aceh. Untuk sementara jadwal diperpanjang hingga  31 Juli 2021,” ujar Iswanto.

Iswanto menyebutkan, seharunya pada Selasa (13/7/2021) jadwal vaksinasi massal tahap 2 seharusnya berakhir. Namun karena masih tingginya antusiasme masyarakat Pemerintah Aceh memutuskan untuk melanjutkan vaksinasi massal demi terlayaninya seluruh masyarakat Aceh.

“Mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar kita bersama memutus mata rantai Covid-19 di Aceh,” ujar Iswanto lagi.

Lebih lanjut, Iswanto mengajak seluruh masyarakat yang hendak mengikuti vaksinasi, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Panitia kegiatan, kata Iswanto, telah menyusun kursi secara rapi dan teratur. Semuanya diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik tanpa harus mengantri dengan berdesak-desakan.

“Mohon jaga protokol kesehatan dengan baik. Semuanya tolong tetap menjaga jarak dan jangan melepaskan masker saat mengantri untuk divaksin,” kata Iswanto.

Total 34.014 Orang Divaksin

Vaksinasi Corona
Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menargetkan tiga ribu warga termasuk anggota TNI/Polri, wartawan, atlet PON dan petugas pelayanan publik akan mendapatkan vaksin di halaman masjid tersebut. Antara Aceh/Irwansyah Putra

Iswanto menambahkan, pada Selasa (13/7/2021) warga Aceh yang sudah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 2.665 orang, dengan demikian total sudah 34.014 orang disuntik vaksin dalam dua tahapan pelaksanaan vaksinasi massal.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat masih sangat tinggi. Setiap harinya lebih dari 1.000 orang berpartisipasi dalam vaksinasi massal ini. Sampai hari ini sebanyak 34.014 orang telah divaksin,” tutur Iswanto.

Iswanto menyebutkan, keberhasilan capaian ribuan orang divaksin tersebut, tidak lepas dari kerja keras para vaksinator. Mereka bekerja sampai sore hari, dengan tujuan melayani seluruh masyarakat Aceh.

Mereka lanjut Iswanto, telah menunjukkan dedikasi tinggi untuk menjaga rakyat Aceh sehingga tidak tertular virus covid-19.

Iswanto menyebutkan pelaksanaan vaksinasi massal yang diinisiasi oleh Pemerintah Aceh itu telah berjalan hingga tahap 2, yang didukung penuh oleh para vaksinator dari RSUDZA, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Rumah Sakit Jiwa Aceh, Rumah Sakit Kodam Iskandar Muda dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh.

Atas nama Satgas Covid-19 Aceh, Iswanto mengapresiasi para vaksinator dan seluruh Satgas Kabupaten/Kota atas semua usaha vaksinasi yang terus berjalan.

Lebih lanjut, Muhammad Iswanto yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh itu mengatakan, antusiasme masyarakat disuntik vaksin masih tinggi. Hal itu menandai bahwa masyarakat percaya akan adanya covid-19 dan salah satu ikhtiar menghilangkan covid adalah dengan cara vaksinasi.

Mereka atau masyarakat yakin sepenuhnya vaksin yang digunakan aman dan halal. “Usaha bersama vaksinasi ini bagian dari ikhtiar kita melawan dan memutuskan mata rantai covid-19 di Aceh,” kata Iswanto.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan sebanyak 2.665 orang disuntik dalam vaksinasi massal pada hari Selasa 13 Juli 2021.

Dr. Iman merinci, sebanyak 2.162 disuntik vaksin dosis 1, dan 503 disuntik vaksin dosis 2. Sementara 38 lainnya disuntik vaksin tahap pertama, oleh mereka yang tertunda suntik pada screening beberapa waktu lalu. Dengan demikian, sampai hari ini sebanyak 34.014 orang telah divaksin dalam vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Aceh di Gedung Banda Aceh Convention Hall tersebut (*).