Budaya dan Seni

Aceh Peringati Hari Puisi Indonesia 2018 Angkat Tema: Satukan Jiwa melalui Puisi

Kita bergabung seluruhnya, seni baca puisi lewat agenda HPI 2018 di Aceh menjadi momentum seluruh pihak, mari merayakan puisi, panitia semua unsur, tak ada dinding yang membumbung.

Foto | Saniman Andi K

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Pada dasarnya semua pihak di Aceh sangat antusias guna memperingati Hari Puisi Indonesia (HPI) Aceh 2018.

Hal tersebut terlihat dari kehadiran perwakilan dari berbagai kalangan maupun komunitas seni saat rapat persiapan merayakan Hari Puisi Indonesia 2018 di Aceh, Minggu (4/11/2018).

BACA: Aceh Bersiap Gelar Peringatan Hari Puisi Indonesia 2018

Mengangkat tema “Satukan Jiwa Melalui Puisi”, Zulfikar selaku Ketua Pelaksana HPI Aceh 2018 saat diwawancara ACEHSATU.com menyebut, kegiatan bersama membaca puisi di Aceh cukup penting untuk terus digaungkan.

Para pecinta baca puisi di Aceh kali ini berkesempatan memperingati HPI 2018 bersama di Banda Aceh. HPI Aceh 2018 diagendakan pada Sabtu, 10 November 2018 sejak pukul 16.00 WIB s.d. 18.00 WIB sesi pertama, dilanjutkan pada malam harinya mulai pukul 20.15 WIB s.d. selesai.

“Kita bergabung seluruhnya, seni baca puisi lewat agenda HPI 2018 di Aceh menjadi momentum seluruh pihak, mari merayakan puisi, panitia semua unsur, tak ada dinding yang membumbung,” katanya.

Berasal dari peristiwa peringatan bersama atas kehadiran puisi di dunia literasi Indonesia, Hari Puisi Indonesia diperingati pula bertepatan dengan tanggal lahirnya penyair  besar Chairil Anwar pada 26 Juli.

Semangat memperingati Hari Puisi Indonesia juga didasarkan keinginan besar masyarakat pecinta puisi untuk mengabadikan dan mengenang para sastrawan dan tradisi sastra berbagai jenis sejak masa silam, masa penjajahan, masa mengisi kemerdekaan hingga masa modern kekinian.

Sejarah mencatat, Deklarasi HPI berlangsung di Tanah Melayu Riau, 22 November 2012 dihadiri puluhan sastrawan (penyair) dari seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top