Aceh Bertambah 74 Kasus Corona, Ini Daerah Terbanyak

TERBARU: Aceh Bertambah 74 Kasus Corona, Ini Daerah Terbanyak

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kasus positif kasus corona di Aceh kembali terjadi penambahan. Hari ini, Kamis  (30/7/2020), tercatat 74 orang yang terkonfirmasi positif kasus corona.

Data ini menunjukkan bahwa sehari sebelumnya jangkitan virus corona di Aceh “hanya” 45 kasus.

Sebelumnya lagi pernah 27 kasus (pada 15 Juli), 22 kasus (28 Juli), dan 13 kasus dalam satu hari tiga pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif di Banda Aceh, mengatakan, 50 dari 74 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab berbasis real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Laboratorium Balitbangkes Aceh  di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Sedangkan 24 orang lagi diketahui positif Covid-19 dari hasil uji swab di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Data ini menujukkan hasil tertinggi angka positif Covid-19 di Aceh sejak pertengahan Maret.

Data sebelumnya

Sebelumnya diberitakan, kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Aceh bertambah 45 sehingga totalnya menjadi 238 kasus. Jumlah pasien COVID-19 yang meninggal dunia bertambah dua orang.

Berdasarkan data dirilis di situs Dinas Kesehatan Aceh, Rabu (29/7/2020), penambahan kasus positif Corona tersebar di 11 daerah.

Ini merupakan penambahan terbanyak sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di Aceh.

Daerah terbanyak pertambahan kasus baru virus Corona adalah Bener Meriah dengan 11 kasus, Aceh Tamiang delapan kasus, Bireuen enam kasus, Aceh Besar enam kasus, Lhokseumawe empat kasus, Aceh Selatan dan Aceh Tengah masing-masing tiga kasus.

Selain itu, empat daerah mencatat masing-masing satu kasus, yaitu Banda Aceh, Pidie, Aceh Barat Daya, dan Aceh Utara.

Sementara itu, pasien meninggal bertambah dua orang, sehingga totalnya menjadi 12 orang. Satu orang asal Aceh Besar dan satu orang dari Lhokseumawe.

Secara kumulatif, Aceh Besar menjadi daerah dengan kasus tertinggi, yaitu 60 orang, diikuti Banda Aceh 55 orang. Kasus kematian di Aceh Besar juga tertinggi, yakni lima orang.

Tidak ada pasien sembuh hari ini. Secara keseluruhan, jumlah pasien yang masih dirawat 134 orang dan sembuh 94 orang. (*)

LIHAT JUGA: