Aceh Akan Lakukan Rapid Tes Massal, Target 25 Ribu Warga

Aceh Akan Lakukan Rapid Tes Massal, Target 25 Ribu Warga

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH – Pemerintah Aceh merencanakan akan melakukan rapis tes untuk 25 ribu warganya secara gratis. Saat ini sebanyak 13.460 alat rapid test telah didistribusikan  ke kabupaten/kota.

Sementara stok yang masih tersedia dan siap didistribusikan sekitar 13.320 unit.

Disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), Senin (1/6/2020), Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT mengintruksikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Aceh agar melakukan rapid test massal secara gratis dengan target 25 ribu warga Aceh secara gratis.

“Intruksi Plt Gubenur disampaikan dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, usai upacara peringatan hari lahirnya Pancasila melalui video conference di Pendopo Gubernur Aceh, kemarin,” ujarnya

Untuk itu, lanjut SAG, pihaknya telah mendistribusikan sebanyak 13.460 alat rapid tes melalui dinas kesehatan dan rumah sakit kabupaten/kota se Aceh  pada maret lalu. dari jumlah tersebut rapid tes yang sudah digunakan 5.469 unit dan masih tersisa 7.991 unit yang siap digunakan.

“Kita juga memiliki stok rapid tes sekitar 13.320 unit yang siap kita distribusikan ke kabupaten/kota,” ujarnya.

Berdasarkan data Senin (1/6/2020), jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Aceh sebanyak 2.060 orang. Sebnayak 1.997 orang sudah selesai pamantaun dan 63 orang sisanya dalam pantauan petugas kesehatan.

Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 106 kasus dengan rincian 99 orang selesai perawatan, sisanya enam orang sedang dirawat, sedangkan jumlah orang positif Covid-19 mencapai 20 orang, dengan rincian 17 orang sembuh, dua orang dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia pada Maret lalu.(*)