9 Kali Pelesiran ke LN tanpa Izin Plus Foto Bareng Djoko Tjandra, Oknum Jaksa Ini Dinonjobkan

9 Kali Pelesiran ke LN tanpa Izin Plus Foto Bareng Djoko Tjandra, Oknum Jaksa Ini Dinonjobkan

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Seorang oknum jaksa dengan jabatan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan, dinyatakan terbukti bersalah berdasarkan hasil pemeriksaan.

Jaksa perempuan yang bernama Dr Pinangki Sinar Malasari dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil, yaitu melakukan perjalanan ke luar negeri (LN) tanpa izin tertulis dari pimpinan sebanyak 9 kali dalam tahun 2019.

Dia juga diduga melakukan pertemuan dan foto bareng dengan buronan kasus Bank Bali, Djoko Tjandra alias Joko Soegiarto Tjandra.

Melansir detikcom, Kejaksaan Agung (Kejagung) mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap jaksa Pinangki terkait dugaan pertemuan dengan Djoko Tjandra alias Joko Soegiarto Tjandra. Kejagung memutuskan membebastugaskan Pinangki dari jabatannya.

“Wakil Jaksa Agung telah memutuskan, sesuai keputusan Wakil Jaksa Agung Nomor Kep/4/041/B/WJA/07/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang penjatuhan hukuman disiplin tingkat berat berupa pembebasan dari jabatan struktural. Artinya dinon-job-kan kepada terlapor (jaksa Dr Pinangki Sinar Malasari),” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, di Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2020).

Pinangki, kata Hari, terbukti melanggar disiplin. Yaitu, sebut dia, dengan pergi ke luar negeri sebanyak 9 kali selama 2019 tanpa izin tertulis pimpinan, salah satunya bertemu dengan Djoko Tjandra.

Disebutkan, kejaksaaan melakukan inspeksi kasus, diperoleh keterangan pihak-pihak, katakan lah saksi, terhadap keberadaan foto tersebut.

“Maka diperoleh bukti dari hasil pemeriksaan tersebut terlapor atas nama Dr Pinangki Sinar Malasari, jabatan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan, terbukti melakukan pelanggaran disiplin pegawai negeri sipil, yaitu telah melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa mendapatkan izin tertulis dari pimpinan sebanyak 9 kali dalam tahun 2019,” ujar Hari.

“Dengan demikian, hasil pemeriksaan pengawasan inspeksi kasus terhadap permasalahan ini telah selesai dan pimpinan menjatuhkan disiplin tingkat berat sebagaimana saya sampaikan tadi pembebasan dari jabatan struktural,” imbuhnya.

Foto Bareng Beredar di Medsos

Sebelumnya, seorang jaksa perempuan bernama Pinangki turut diperiksa bidang pengawasan Kejagung. Pinangki diduga ikut terseret geger buron Djoko Tjandra alias.

Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono mengatakan jaksa Pinangki diperiksa terkait dengan fotonya yang beredar di medsos bersama dengan Anita Kolopaking, yang merupakan pengacara Djoko Tjandra. Pemeriksaan terhadap Pinangki pun masih berlangsung.

“Muncul pemberitaan di media sosial dengan memuat foto yang diduga Pengacara Anita Kolopaking dengan seorang jaksa perempuan yang bernama Pinangki yang dalam berita tersebut disebut sebagai seorang jaksa di Kejaksaan Agung,” kata Kapuspenkum Kejagung dalam keterangannya, Jumat (24/7/2020). (*)