Lingkungan

Longsoran Tanah dan Pohon Tumbang di Jalan Nasional Subulussalam – Sumut Timpa Truk yang Melintas

FB_IMG_1457598241275

Laporan Nukman Arung

ACEHSATU.COM, SUBULUSSALAM – Hujan lebat disertai angin kencang membuat badan jalan nasional Kota Subulussalam Aceh menuju Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tepatnya di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Lae Kombih Kampung Jontor Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, ditutupi material longsor, Rabu (9/3/2016) sekitar pukul 18.30 WIB. Akibatnya, arus lalu lintas sempat tersendat.

Berdasarkan informasi dihimpun, musibah longsor terjadi berawal dari hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang mengguyur kawasan itu selama satu jam. Kondisi tanah yang labil dengan mudah tergerus air dan membuat sejumlah pohon tumbang menutup badan jalan negara.

Pantauan ACEHSATU.COM di lokasi kejadian Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB, ratusan mobil terpaksa berhenti melaju akibat material longsoran.

Meski tidak ada korban jiwa, namun satu unit mobil truk jenis colt diesel dilaporkan rusak berat akibat tertimpa reruntuhan pohon saat sedang melintas di jalur tersebut. Sedangkan penumpang dan awak kemudi mobil selamat.

Pasca kejadian, aparat kepolisian setempat langsung mengerahkan beberapa warga dan relawan untuk memotong dan membersihkan pohon tumbang yang menutupi jalan tersebut.

FB_IMG_1457593614146Hingga menjelang siang, Kamis (10/3/2016) tadi, kegiatan pembersihan baru selesai dilakukan dan jalan penghubung tersebut sudah terlihat dapat dilalui kendaraan.

Sementara itu, koordinator Taruna Tanggap Bancana (TAGANA) Kota Subulussalam Asmiadi SKM mengingatkan pengendara agar waspada jika melintasi kawasan tersebut. Hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dia menjelaskan, kondisi tanah yang masih basah dan labil berpotensi mengakibatkan longsor susulan. “Apalagi pada saat ini adalah musim penghujan,” katanya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top